Money Management dan Risk Control

April 30, 2008 at 1:28 pm | Posted in My Post | 2 Comments

Money management dan risk control adalah kunci untuk menjadi profitable trader. Saya tegaskan di sini, bukan prediksi atau indikator canggih yang terbaru yang mendatangkan keuntungan, tapi bagaimana anda menerapkan displin atas money management dan risk control lah yang akan menentukan sebuah kesuksesan atau kegagalan.

Saya sering bercerita tentang sebuah restoran seafood di lingkungan rumah saya. Gedungnya bagus, makanannya lezat luar biasa. Tapi tidak sampai setahun restoran itu bangkrut. Kenapa? Karena kunci mejalankan sebuah restoran bukanlah enak atau tidak makanannya..tapi pengaturan uang (money management) dan risk control. Ciptakan bisnis yang efisien, kontrol risiko (biaya-biaya), dan atur pegawai secara efektif. Jika anda masih percaya bahwa makanan lah yang menentukan perkembangan sebuah restoran, pikirkan seenak apa makanan di restoran-restoran fastfood yang anda kenal. Cari tahu bagaimana KFC, McD dll (maaf menyebutkan merk) bisa tersebar hampir di seluruh penjuru muka bumi ini untuk mengumpulkan keuntungan.

Seperti halnya bisnis restoran, kunci untuk mendapatkan keuntungan dalam trading bukanlah prediksi atau indikator, tapi sebaik apa trading strategy anda dibuat dan diterapkan. Kemampuan dan pemahaman akan money management dan risk control lah yang akan menentukan seseorang untuk menjadi trader yang sukses atau trader gagal. Jika anda mempunyai kesempatan untuk melihat langsung seorang trader sukses, anda akan melihat tidak adanya kekhawatiran di dirinya tentang kemana pasar akan bergerak atau tentang memprediksi kemana gerak pasar selanjutnya. Bahkan mereka tidak terlihat mengutak-atik indikatornya. Mereka tidak khawatir dengan kerugian yang didapat setiap membuka atau menutup posisi. Apakah itu adalah cara trading yang benar?

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. money management emang vital, saya setuju dengan pendapat kamu ini. Smoga sukses dan tetap profit ya….

  2. siiip sukses juga buatmu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: