Trader atau Peramal?

May 1, 2008 at 3:19 am | Posted in My Post | 2 Comments

Dulu saya selalu berpikir bahwa ada orang-orang yang ahli dan jenius yang tahu kemana dan kapan pasar bergerak. Waktu itu saya berpikir orang-orang ini adalah para pakar trading dalam seminar-seminar, trader yang sudah berpuluh-puluh tahun berpengalaman dan lain-lain. Dan mereka sukses karena dapat memprediksi pasar.

Butuh waktu yang cukup lama bagi saya untuk menyadari bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini yang tahu kemana pasar akan bergerak. Adalah bohong jika anda berpikir bahwa anda atau ada orang lain yang tahu kemana pasar akan bergerak.

Saya sendiri sudah mencoba berbagai macam indikator dan tidak ada satupun yang dapat membuat saya memperoleh profit yang konsisten. Begitu juga dengan berita-berita ekonomi, saya mengikuti perkembangan ekonomi global dan mulai mengandalkan analisa fundamental dalam memprediksi pasar tapi tetap saja saya tidak tahu kemana dan kapan pasar akan bergerak.

Hingga akhirnya saya putuskan bahwa saya tidak akan pernah mampu untuk memprediksi pasar dan setelah itu saya baru bisa mulai memperoleh keuntungan dari trading saya. Saat itu saya berpikir, ternyata tidak mampu memprediksi pasar juga tidak apa-apa. Tidak bisa memprediksi pasar bukanlah suatu kesalahan dalam trading. Karena trader memang bukanlah peramal.

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah, klo saya selama ini make jasa perdukunan trus tuh?? Dan signal forexnya selalu tepat 😛

  2. Hehehe..dukunnya ikutan trading ga bos?


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

