Modal Kecil Profit Besar

May 18, 2008 at 6:32 am | Posted in My Post | Leave a comment

Kemarin saya berbincang-bincang dengan salah seorang teman trader. Teman saya itu berpendapat bahwa prinsip ekonomi yaitu dengan pengorbanan sekecil mungkin kita berusaha mendapatkan keuntungan yang sebesar mungkin. Prinsip ini dia terapkan dalam tradingnya. Dengan artian begini.. Modal trading tidak perlu besar, bahkan harus sekecil mungkin. Dengan modal kecil itu kita berusaha untuk mendapatkan profit yang maksimal.

Well prinsip ini memang benar, tapi apa mungkin bila diterapkan dalam trading? Saya rasa tidak mungkin. Sudah berapa banyak orang yang saya temui menerapkan prinsip ini dan semuanya tumbang (menurut pengamatan saya). Dan terus terang, saya juga sempat punya pemikiran yang sama. Dan hasilnya? Entah berapa kali akun saya kena margin call.

Selain itu, pola pikir yang seperti ini, menurut saya, menyebabkan mental trading yang tidak sehat. Dulu ketika saya akhirnya untuk tidak menerapkan prinsip ini lagi kedalam trading system saya dan memutuskan untuk pertamakalinya menggunakan modal yang saya rasa sesuai dan penggunaan money management dan risk control yang lebih rasional, yang terjadi adalah ketidakdisiplinan. Saya tidak tahu pasti apakah ketidakdisiplinan ini disebabkan karena ‘terbawa’ prinsip modal sedikit untung besar yang pernah saya terapkan dulu atau memang dalam diri saya sendiri yang memang mempunyai bakat untuk tidak disiplin. Tapi saya yakin, prinsip itu pasti sedikit banyak mempengaruhi ketidakdisiplinan tersebut, setidaknya pada diri saya.

Menurut saya, prinsip modal kecil untung besar ini tidak bisa diterapkan dalam trading. Dan jika ada yang bisa melakukannya, sampai kapan akan bisa terus? Janganlah membuang waktu, konsentrasi dan uang anda untuk sesuatu yang sangat tidak mungkin.. Karena ada yang lebih mungkin, walaupun tidak pasti..

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

