Independensi

May 31, 2008 at 7:17 pm | Posted in My Post | 1 Comment

Trader adalah orang-orang yang berpikir secara independen. Mereka memutuskan segala sesuatu berdasarkan pikirannya sendiri. Trader tidak mengikuti apa yang dibilang orang banyak, tapi selalu mengantisipasi kondisi lingkungannya dan mengambil keuntungan dari sana. Tapi apa artinya independensi dalam praktik sesungguhnya? Seberapa besar independensi seorang trader dalam pola pikirnya? Bayangkan jika seorang trader tidak mempunyai independensi. Trader yang tidak berpikir independen akan selalu tergantung pada orang lain. Selalu mempertimbangkan apa yang dipikirkan orang lain, dan pastinya juga selalu mencari tahu apa yang dipikirkan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang yang seperti ini akan selalu mengikuti apa yang dilakukan oleh orang banyak dan tidak berani melakukan apa yang tidak biasa dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Mereka akan selalu bertanya kepada temannya baju apa yang pantas pakai, atau mereka tidak akan berani mengenakan tanktop dan celana pendek sexy hanya karena orang-orang disekitarnya tidak memakai pakaian begitu. Hehehe… itu semua hanya pengandaian. Kebanyakan orang yang mempunyai pola pikir begini akan sulit jika masuk ke dunia trading. Mereka akan selalu mencari konfirmasi untuk setiap trade yang akan dilakukan. Mereka akan lebih cenderung mendengarkan apa yang dikatakan analis-analis pasar ketimbang menganalisa market sendiri dan melakukan trade berdasarkan pemahamannya terhadap pasar.

Tapi mencari tahu seperti itu bukan berarti jelek. Orang-orang yang sukses selalu mencari tahu apa yang diterima lingkungannya dan berusaha mencapai standar-standar sosial yang berlaku di lingkungannya. Maksud saya bukan hanya masalah pakaian. Tapi bicara tentang pakaian, dalam beberapa profesi, orang dapat memakai pakaian sekehendak hatinya selama sesuai dengan standar sosial mengenai “sukses” yang berlaku di lingkungan profesinya. Misalnya seniman. Untuk meraih kesuksesan seorang seniman harus dapat diterima oleh audiensnya. Meskipun seni berarti kreatifitas, tapi jika tidak ada orang yang menerima karya seninya, maka yang puas ya cuma si seniman itu sendiri. Dan kalau yang puas hanya dirinya sendiri berarti profesi itu tidak menghasilkan…(kalo motif menjadi seniman adalah memperoleh hasil hehehe).

Selalu berusaha memenuhi apa yang diharapkan oleh orang lain. Menurut saya itulah alasan mengapa orang mempunyai kecenderungan untuk mencari “persetujuan” orang lain. Tapi jika dalam dunia trading, kecenderungan ini justru dapat membahayakan. Jika anda selalu mencari konfirmasi dari orang lain, anda akan melewatkan pergerakan pasar. Jika anda ingin profit, lihatlah pada diri anda sendiri, bangun intuisi terhadap market dan yakinilah intuisi anda itu. Bisakah independensi total seperti itu diterapkan dalam realita? Well, pastinya sulit karena kecenderungan kita untuk menghindari risiko.

Tidak ada sebuah cara yang benar (holygrail) dalam trading. Trader yang bisa memperoleh profit yang banyak maka besar juga risiko yang ditanggungnya. Dan seperti yang kita tahu, profit banyak itu sulit sekali memperolehnya. Wajar jika anda selalu mencari konfirmasi dari orang lain, karena kecenderungan alamiah manusia adalah begitu. Tapi alangkah bijaknya jika anda lebih berpegang teguh kepada indikator yang telah anda pahami atau intuisi yang sudah anda peroleh dari pengalaman anda. Apapun yang anda lakukan, jangan lah melakukan sesuatu yang tidak mungkin. Independensi adalah cara berpikir yang layak untuk anda bangun dalam kepala anda, dan juga sadari bahwa independensi sangatlah sulit untuk di pertahankan.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. betulll…..:D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: