Menerima Kenyataan

June 3, 2008 at 3:39 pm | Posted in My Post | Leave a comment
Tags: , , ,

Apa yang akan terjadi selanjutnya? Saya tidak tahu, tapi yang pasti kita semua mungkin terkejut dengan pergerakan pasar beberapa bulan belakangan. Pergerakan ini benar-benar membuktikan betapa unpredictable nya market. Hari ini kita bisa sangat optimis dengan prediksi kita, tapi besok optimisme itu berubah 180 derajat menjadi pesimisme. Siapa yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan? Berapapun usaha yang telah kita keluarkan untuk memprediksi, ada saatnya kita memang harus menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa selalu mengetahui arah pergerakan pasar, kita tidak bisa berpikir bahwa pasar akan selalu sesuai dengan prediksi kita.

Kita tidak ingin untuk menyadari bahwa kita tidak punya kemampuan apa-apa untuk mengetahui masa depan. Manusia akan selalu merasa optimis terhadap kemampuannya. Manusia akan selalu merasa bisa untuk melakukan apa yang dikehendakinya. Dan semua itu wajar. Tapi kenyataannya kita memang tidak bisa mewujudkan semua apa yang kita kehendaki.

Hidup ini penuh dengan ketidakpastian, tapi manusia selalu overconfident dan berpikir bahwa mereka mempunyai kekuatan untuk menjadikan segalanya pasti. Manusia selalu berpikir bahwa mereka mempunyai kekuatan lebih dari apa yang mereka punya. Mungkin inilah yang disebut “illusion to control”. Manusia selalu overestimate akan kemampuannya dan percaya bisa mengatur segalanya sesuai dengan yang dikehendaki. Sangatlah sulit untuk menyadari bahwa kita tidak punya kemampuan untuk mengatur segalanya sesuai kehendak kita.

Penting sekali untuk menyadari bahwa kita hanyalah manusia, dan manusia tidak dapat mewujudkan semua yang diinginkannya. Jika kita memang mempunyai kemampuan seperti itu, bayangkan anda dapat mengontrol market. Market bergerak sesuai dengan perintah anda. Market bergerak sesuai dengan posisi buy/sell yang kita buat. Tapi kenyataannya tidak seperti itu. Kita tidak bisa sepenuhnya mengontrol pasar. Kita hanya bisa menerima apa yang ditawarkan pasar.

Dengan kenyataan yang seperti ini, kita hanya bisa berusaha terhadap hal-hal yang memang bisa kita lakukan, dan menerima dengan sadar terhadap hal-hal apa yang tidak bisa kita lakukan. Pisahkan hal-hal apa saja yang bisa kita kuasai dan yang tidak bisa kita kuasai. Curahkan kemampuan kita pada hal yang memang bisa kita atur dan tidak usah membuang waktu untuk mencoba mengatur apa yang memang tidak bisa kita atur.

Membuat dan menjalankan trading plan adalah hal yang bisa kita atur. Kita dapat mengatur risiko. Kita dapat mengatur diri kita untuk tetap survive meskipun mengalami kerugian beruntun. Kita dapat mengatur untuk mengembalikan kerugian yang sudah kita derita dan bukannya justru membiarkan kita lebih masuk kedalam lembah kerugian.

Tapi tidak untuk pergerakan pasar. Kita tidak bisa mengatur pergerakan pasar untuk selalu sesuai dengan indikator kita. Kita tidak bisa mengatur arah pasar sesuai dengan news yang dirilis. Dan berusaha untuk mengatur hal-hal ini adalah sia-sia. Usaha untuk mengatur ini bahkan dapat mengurangi konsentrasi kita terhadap hal-hal lain yang memang bisa kita atur. Terimalah kenyataan ini dan anda akan menghemat waktu dan tenaga anda, sehingga anda bisa curahkan waktu dan tenaga anda tersebut ke hal-hal lain yang memang bisa anda kontrol.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: