Trading Dulu, Khawatir Belakangan

June 8, 2008 at 3:55 pm | Posted in My Post | Leave a comment
Tags:

Winning trader mengeksekusi dan memonitor trade nya dengan mental pemenang. Mereka tidak khawatir tentang kesalahan dimasa lalu atau profit dimasa depan. Seluruh fokus ditujukan ke trade yang sedang berjalan. Memang sulit untuk tidak khawatir. Dan itu adalah normal. Tapi anda tidak akan bisa trade dengan baik ketika anda sedang khawatir. Entah bagaimana caranya anda harus meletakkan kekhawatiran tersebut dibelakang kewaspadaan.

Adalah kecenderungan manusia untuk bersikap khawatir untuk melindungi dirinya dari masalah. Jika kita tidak khawatir, kita bisa saja terkena bahaya. Tapi kekhawatiran bisa menjadi masalah untuk menjadi trader sukses. Jika anda termasuk orang yang memiliki kekhawatiran tinggi, mungkin kekhawatiran itu akan mempengaruhi pelaksanaan trading plan anda. Bukan saja ketika eksekusi trading, tapi juga bisa sulit tidur, pokoknya selalu tegang dan tidak santai.

Kekhawatiran menjadi masalah kalau terlalu berlebihan dan tanpa alasan yang jelas. Selain itu khawatir juga kadang tidak ada gunanya. Misalnya, jika anda baru saja menderita kerugian dan menjadi khawatir karenanya, anda akan teringat-ingat terus dengan loss itu dan akhirnya jadi takut loss. Ya kalau begitu kapan mau trade untuk mengcover kerugian yang lalu. Kalau sudah begitu, singkirkan kekhawatiran anda itu. Tidak ada gunanya. Toh dengan khawatir begitu, loss yang tadi tidak akan berkurang kan? Lebih baik jernihkan pikiran anda dan mulai trading kembali.

Ada teman saya pernah bercerita. Dia punya trik khusus untuk menghilangkan kekhawatiran yang berlebihan. Caranya sederhana saja. Setiap hari dia menyediakan waktu untuk bersikap khawatir. Kalau contoh kasus teman saya itu 30 menit dalam sehari. Jadi dalam sehari, dia menyediakan waktunya selama 30 menit untuk berkhawatir ria.

Wajar sekali untuk bersikap khawatir, dengan khawatir kita bisa melindungi diri kita. Dan mungkin dengan khawatir kita bisa menemukan solusi atas masalah kita. Tapi tidaklah berguna ketika anda sedang trading anda merasa khawatir. Karena khawatir akan mempengaruhi pelaksanaan trading plan anda.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: