Mentor Trading

June 17, 2008 at 3:35 am | Posted in My Post | Leave a comment
Tags: ,

Kalau anda sakit dan ingin berobat, pastinya anda akan pergi ke dokter bukannya dukun. Kenapa? Karena profesi dokter adalah sebuah profesi yang diperoleh setelah yang bersangkutan menerima pendidikan formal, pengalaman, sertifikasi dan lain sebagainya. Begitu juga dengan profesi-profesi lainnya seperti pengacara dan akuntan. Adalah tidak masuk akal jika kita pergi berobat ke orang yang kita anggap tidak memiliki keahlian formal. Ketika akan berinvestasi, kita akan cenderung mempercayai orang-orang yang kita anggap kompeten di bisang investasi yang kita tuju, jika investasi nya di bidang forex trading tentunya kita akan memilih trader yang terbukti kompeten dengan trade record yang mumpuni. Entah kalau ada cara lain untuk membuktikan kompetensi seorang trader. Tapi sejarah trading sendiri (sejauh yang saya tahu) dipenuhi oleh super trader yang akhirnya jatuh. Contohnya Victor Niederhoffer.

Bicara mengenai mentor trading saya punya cerita yang mungkin menarik untuk kita simak. Saya bertanya kepada salah satu teman trader saya, sebut saja namanya Budi, apakah dia mempunyai seorang mentor trading? Jawabnya begini “Mungkin ga pas kalau disebut mentor. Tapi saya belajar banyak di forum-forum online, termasuk website dan chatting room. Tapi saya termasuk orang yang lebih suka learning by doing, meskipun saya harus melakukan kesalahan-kesalahan. Tapi beginilah saya. Sempat saya berguru dengan seorang trader yang sudah sangat senior, tapi setelah beberapa lama akhirnya saya putuskan bahwa saya memang harus bisa untuk membangun sistem yang memang cocok dengan kepribadian saya sendiri. Dan sekarang setelah saya merasa sukses di dunia trading, saya rasa ini semua karena semua pelajaran yang sudah saya dapat dari kesalahan-kesalahan di masa lalu. Mungkin anda menganggap saya termasuk tipe “pengalaman adalah guru yang terbaik”. Tapi menurut saya memiliki seorang mentor yang dapat dipercaya merupakan hal yang bagus. Karena di bisnis ini banyak sekali ilusionis alias tukang sulap yang tidak mau sharing dengan orang lain, entah karena mereka takut ilmunya jadi berkurang jika orang lain tahu atau karena hal lainnya. Tapi saya yakin jika anda rajin dan ulet, anda akan bisa mengatasi semua masalah”.

Begitu juga dengan Andi, seorang teman saya yang lain, ketika saya bertanya mengenai pertanyaan yang sama, jawabnya begini “Saya belajar dari loss. Saya dulu belajar di seminar-seminar trading tapi jadinya bangkrut. Begitu banyak seminar yang saya ikuti tapi saya tidak tahu apa itu trading. Sampai akhirnya bangkrut dalam jumlah yang besar baru saya tahu apa itu trading. Bukan berarti bangkrut itu bagus, tapi saya percaya jika ada trader yang masih baru tapi bisa dapat uang banyak dari trading sebenarnya dia belum paham apa itu trading”.

Tidak semua trader seperti Budi dan Andi. Ada juga trader yang memiliki guru/mentor dan merasa sukses yang mereka alami sekarang banyak dipengaruhi oleh gurunya tersebut. Well, mereka mungkin termasuk orang yang beruntung.

Meskipun pengalaman (terutama pengalaman buruk) adalah guru yang tak tergantikan, ada baiknya anda mempunyai seorang mentor. Mentor dapat membuat anda lebih efektif dan efisien ketimbang dengan belajar sendiri. Tapi yang namanya mencari mentor itu sulit. Mungkin banyak orang yang sharing mengenai penggunaan berbagai indikator tapi sedikit sekali orang yang mau mengajari bagaimana trading dengan baik. Belum lagi para penjual mimpi yang menjanjikan kesuksesan instan.

Tetapi trading adalah lonely bussines. Semua berakhir pada trader itu sendiri. Jangan pernah menjadikan mentor seperti halnya seorang dewa yang bisa menentukan sukses atau tidaknya si murid. Masih banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk menjadi seorang real trader. Ebook (buku), diskusi dan browsing adalah beberapa cara yang sangat baik untuk memahami bisnis ini.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

