Visualisasi

June 21, 2008 at 10:04 am | Posted in My Post | Leave a comment

Sangatlah sulit untuk memprediksi market, terutama jika ada news penting yang dirilis. Trading dengan mental yang layak/siap berarti berdiri diatas kaki dan secara meyakinkan bereaksi terhadap pergerakan yang terjadi. Suatu visualisai dapat membantu.

Visualisasi adalah cara ampuh yang digunakan atlit maupun trader. Seorang pelari, sebagai contoh, tidak hanya berlari mengelilingi lintasan, tapi juga mem-visualize apa yang akan terjadi di setiap lomba, mengantisipasi apa yang mungkin salah dan bagaimana untuk recover dari kejadian-kejadian yang tak terduga. Visualisasi dapat mempersiapkan mental anda untuk menghadapi pressure yang ada di hari-hari trading anda.

Trading membutuhkan mental maupun fisik. Ketika anda ditengah-tengah trading, adrenalin anda terpompa ketika harga menyentuh exit point anda. Siapkanlah fisik dan mental anda untuk trading.

Trading bisa menjadi penuh dengan ketegangan. Setelah mengeksekusi sebuah order, anda tidak tahu apa yang akan terjadi sampai benar-benar sudah terjadi. Anda mungkin sudah pernah berada di kondisi yang penuh dengan ketegangan di hidup anda, seperti kencan pertama atau diinterogasi polisi hehehe. Membayangkan skenario-skenario yang mungkin terjadi secara berulang-ulang di dalam pikiran anda dapat membantu mengurangi ketegangan yang timbul. Anda dapat mengantisipasi apa yang kemungkinan salah dan bagaimana mengatasinya. Ketika anda naksir seorang cewe dan ingin mengajak kencan dia, sangatlah baik jika anda memikirkan dulu apa yang akan anda ucapkan untuk mengajaknya, mau bicara langsung atau lewat telepon dsb.

Menghindari kemungkinan yang bisa terjadi dan tidak memiliki perencanaan atas kemungkinan-kemungkinan itu akan menempatkan anda pada posisi yang sulit. Tetapi jika anda memiliki perencanaan dalam menghadapi semua kemungkinan yang bisa terjadi, anda akan merasa lebih baik, dan ketika anda mengalami kejadian yang terburuk, anda akan bisa mengatasinya lebih mudah. Ada orang yang lebih senang untuk tidak memiliki rencana, seperti mengalir mengikuti air mengalir. Mereka tidak berpikir terlebih dahulu untuk mengantisipasi apa yang akan dilakukan, tapi jika anda cukup bijak, anda akan setuju bahwa adalah lebih baik memiliki rencana daripada nanti dimasa depan anda tertangkap basah dan tidak tahu apa yang harus dilakukan karena anda tidak merencanakan apa-apa sebelumnya.

Begitu juga halnya dengan trading. Beberapa trader lebih senang trading dengan menuruti udelnya. Memang menyenangkan seperti itu. Tapi seorang winning trader merencanakan tradingnya sebelum ordernya di eksekusi. Kapan harus entry dan kapan harus keluar semuanya sudah direncanakan dengan jelas.

Perlu sekali untuk membuat sebuah trading plan dan mengikutinya, tetapi trading plan adalah sebuah panduan yang mungkin membutuhkan perbaikan ketika ada kejadian yang tak terduga. Dan adalah penting untuk mengantisipasi apa yang bisa saja salah dan bersiap untuk menghadapi kemungkinan terburuk ketika kemungkinan itu terjadi. Visualisasi dapat membantu. Dengan memikirkan skenario-skenario kemungkinan yang bisa terjadi, anda dapat mengantisipasi apa yang salah dan setidaknya anda bisa berfikir positif atas skenario buruk yang terjadi.

Bagaimana caranya melakukan visualisasi? Coba anda pejamkan mata anda dan bayangkan mengeksekusi trading anda. Selami pemikiran-pemikiran yang terlintas di kepala anda. Bayangkan dengan obyektif dan tanpa emosi. Kemudian anda bayangkan skenario terburuk: harga bergerak melawan posisi anda dan titik stop loss anda tersentuh. Bayangkan bagaimana rasanya loss. Pikiran apa yang melintas dikepala anda? Tergantung dengan pengalaman anda, mungkin anda merasa cemas dan takut, tapi idealnya, anda tetap tenang, dan siap menerima kekalahan itu. Kunci dari visualisasi adalah berpengalaman secara mental akan semua jenis kondisi/skenario, baik kondisi yang baik maupun yang buruk.

Anda tidak tahu apa yang akan terjadi dengan trade anda sampai benar-benar sudah terjadi. Dengan latihan visualisasi anda dapat bersiap-siap menghadapi semua skenario. Visualisasi dapat membantu anda menangani semua jenis kondisi yang mungkin terjadi layaknya seorang profesional.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: