Fokuslah Pada Dirimu

June 22, 2008 at 4:00 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Ketika kita berkumpul atau chatting dengan trader lain mungkin adalah saat yang menyenangkan, tapi disaat ada teman kita profit dan kita justru sedang merugi, mungkin kita jadi bersedih dan kecewa. Dalam kondisi market yang seperti ini, anda mungkin mendengar teman atau trader lain yang berhasil memperoleh keuntungan. Jika anda mempunyai jiwa yang kurang kompetitif, mungkin sulit rasanya mendengar kesuksesan teman atau trader lain itu. Saya pikir ini adalah wajar saja, “Apakah salah saya? Kenapa trader lain profit sedangkan saya tidak?” adalah pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dari diri kita. Tapi yang lebih penting adalah anda harus belajar untuk fokus pada diri anda sendiri, tujuan personal anda, bukannya tujuan orang lain.

Dalam kehidupan ini, kita melihat orang lain disekitar kita untuk menilai diri kita. Dulu sewaktu kita masih anak-anak, orangtua dan guru kita selalu memberitahu mana yang benar mana yang salah. Ketika dewasa kita mengenal pujian dan hukuman, dipuji oleh orang lain ketika melakukan sesuatu yang sesuai dengan harapan mereka dan dihukum jika kita melanggar peraturan dan melakukan sesuatu berdasarkan “aturan” kita sendiri. Sedangkan di masyarakat, sebuah standar cenderung ditentukan dari apa yang terlihat di luar ketimbang apa yang ada di dalam. Media mempengaruhi kita dengan imej sukses: “Belilah mobil terbaru ini dan tetangga anda akan terkesan. Pakailah baju desain perancang ternama ini dan lihat orang lain di sekitar anda terkesima dengan penampilan anda”. Pola pikir seperti ini lah yang melahirkan pertanyaan-pertanyaan seperti “seberapa baikkah diri saya?” dan akhirnya “seberapa baiknya kah seharusnya diri saya?”

Tidak ada gunanya membandingkan diri kita dengan orang lain, dan bahkan kontraproduktif. Anda akan menghasilkan profit yang lebih jika anda melihat ke dalam diri anda ketimbang melihat ke luar dan mencoba mengalahkan orang lain. Setiap trader membawa pemahaman, karakter, metode trading, dan alat masing-masing ketika memasuki pasar. Dengan koordinasi yang terintegrasi dari komponen-komponen tersebut, seorang trader membentuk seperangkat trading skill yang akan menghasilkan sukses. Dan integrasi tersebut tidak terbentuk hanya dalam semalam, tapi melalui kerja keras dan keuletan. Dari waktu ke waktu, seorang trader mengumpulkan pecahan-pecahan yang pada akhirnya akan membentuk sebuah kesatuan. Kesatuan tersebut diperoleh bergantung pada bakat, kelebihan dan kekurangan (keterbatasan) yang dimiliki trader tersebut. Setiap trader memiliki pola yang berbeda-beda. Ada yang polanya melingkar-lingkar dan panjang, ada yang lurus dan pendek. Dan yang paling penting untuk dilakukan adalah menerima dan mengikuti pola anda sendiri sampai akhirnya mencapai tujuan.

Orang-orang yang sukses dan kreatif cenderung membuat standar kesuksesannya sendiri. Meskipun berada di kondisi yang penuh persaingan, mereka tidak membandingkan dirinya dengan orang lain. Mereka melihat ke dalam dirinya dan menjadikan standar pribadi sebagai panduannya. Mereka tahu hanya dengan keseriusan dan keuletan sukses dapat dicapai. Tidak ada yang perlu dipaksakan. Biarkan diri anda mengikuti kata hati dan sukses akan mengikuti. Jika anda menerapkan hal seperti itu, anda akan mencapai sukses yang tahan lama.

Bagaimana caranya agar anda tidak iri atau cemburu ketika mendengar kesuksesan trader lain? Sangatlah penting untuk berhati-hati. Biasanya kita menjadi cemas ketika orang lain sukses dan kita malah jatuh. Terlebih jika orang lain itu anda anggap levelnya lebih rendah dari diri anda, mungkin anda jadi merasa “terganggu”. Cobalah untuk menyingkirkan semua rasa cemas dan “terganggu” itu, disaat yang sama, lihat ke dalam diri anda dengan standar anda sendiri. Anda harus bisa meyakinkan diri anda bahwa apa yang telah dicapai oleh orang lain itu tidak ada pengaruhnya terhadap diri anda. Anda punya kemampuan, jam terbang, sumberdaya dan sejarah trading sendiri. Tidak usah membandingkan diri anda dengan orang lain. Terimalah bakat dan resources yang anda miliki. Jika anda bekerja dengan keras dan sabar, maka kesempatan anda untuk sukses pasti datang menghampiri.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: