Menghadapi Keterpurukan

June 28, 2008 at 4:34 pm | Posted in My Post | 1 Comment

Ketika seorang trader merasa kecewa dan putus asa, dia akan berpikir ” aku ga bakal bisa profitable, dan tidak ada yang bisa kulakukan lagi untuk mengubahnya”. Anda tentu tahu apa yang terjadi selanjutnya. Yup berhenti trading untuk selama-lamanya. Pemikiran seperti ini tidaklah salah, tapi realistis. Pada level ini seorang trader memiliki kesadaran bahwa trading bukanlah sebuah bisnis yang bisa menghasilkan uang dengan mudah dan cepat. Tapi seperti yang dikatakan para master “singkirkan semua rintangan dan halangan, terus bekerja keras dan jangan putus asa bla bla bla..”

Saya ingin mengajak anda untuk berpikir lebih realistis lagi. Misalnya begini “profitable trading mungkin adalah hal yang hampir mustahil, tapi saya bisa belajar bagaimana market bekerja, membangun skill yang layak, dan akhirnya mencapai profitabilitas (jangka panjang tentunya). Mungkin ini bukanlah pemikiran yang paling optimis, tapi sama realistisnya. Kita tetap sadar dan paham seutuhnya bahwa trading itu sulit, karena sulit kita tidak berharap terlalu banyak dari trading. Karena jika kita berharap banyak terhadap sesuatu dan ternyata pada kenyataannya sesuatu tersebut tidak memenuhi apa yang kita harapkan maka kekecewaan yang ditimbulkan sangatlah besar.

Yang lebih penting adalah memecahkan masalah yang dihadapi. Seperti yang sering saya katakan pada diri saya sendiri ketika saya menderita kerugian “OK, saya kalah sekarang tapi saya tidak akan berhenti dan menyesalinya saja. Saya harus kembali semangat untuk bertempur dan memeriksa apa yang salah. Apa yang menyebabkan sampai begini dan kemudian mencari jalan keluarnya.” Seorang winning trader tidak akan pernah menyerah. Begitu dia mengalami keterpurukan dia bangkit lagi. Dia lihat lagi metode tradingnya dan secara obyektif dia memeriksa kesalahan yang ada dan kemudian berusaha untuk memperbaikinya. Ketika anda menghadapi masalah jangan jadikan masalah tersebut membuat anda pesimis. Taruh semua kekecewaan dan penyesalan dibelakang. Jangan melarikan diri dari masalah. Ambil tindakan untuk menyelesaikan masalah itu. Cobalah untuk mengikuti kata hati untuk mencari solusinya. Daripada menjadi panik, adalah vital untuk membuat langkah aktif untuk menemukan jalan keluar. Jangan over-interpret kerugian yang terjadi, berapapun besarnya kerugian itu. Jangan terlalu menyalahkan diri sendiri atas kerugian yang terjadi lebih baik untuk ambil tindakan dan maju ke depan.

Optimisme adalah elemen penting untuk mencapai kesuksesan. Anda juga harus membangun skill trading anda. Disinilah optimisme yang realistis terbentuk. Sadari apa yang anda punyai sekarang dan apa yang bisa diraih dengan batasan yang anda punyai. Seseorang bisa mencapai kesuksesan sebagai trader melalui kerja keras, pengalaman yang panjang dan keuletan. Camkan ini terus di kepala anda dan anda akan berusaha membangun terus trading skill anda sampai akhirnya profitable yang anda inginkan datang.β– 

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Jadi inget lagu yang dinyanyiin isterinya al amin… πŸ˜†
    Jatuh bangun aku mengejarmu….
    Namun dirimu tak pernah mengerti…

    πŸ˜†

    Tapi saya gak percaya ada orang yang terpuruk gak bangkit lagi, kecuali mati atau bunuh diri.

    Udah sifatnya dari sono, biasanya sih, manusia suka penasaran lagi walaupun udah gagal berkali-kali.. trial – error – trial – error – trial – kok error melulu ye? … πŸ˜†


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: