Cinta oh Cinta

June 29, 2008 at 5:22 am | Posted in My Post | 3 Comments

Anda pasti tahu Ronaldinho, Fernando Torres dan pesepakbola-pesepakbola terkenal lainnya? Anda pasti tahu kan? Andai saja saya memiliki kesempatan bertanya kepada mereka, ada satu pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada mereka, yaitu: apakah anda menjadi pesepakbola karena anda ingin memperoleh uang yang banyak? Dan saya yakin jawaban mereka bukan uang yang menjadi alasan utama mereka menjadi sepakbola, tapi karena mereka menyukai sepakbola. Yup, mereka cinta sepakbola. Dan mereka mendapat uang banyak dari sepakbola karena keahlian sepakbola yang mereka miliki.

Manusia memiliki tujuan yang kompleks. Ada beberapa alasan yang masuk akal mengapa orang melakukan trading. Tapi yang lebih penting adalah alasan utama dari trading. Untuk apa anda memperhatikan market berjam-jam sehari di depan komputer? Untuk apa anda mengikuti perkembangan ekonomi global? Kenapa anda trading? Ada banyak cara di dunia ini untuk mendapatkan uang. Dan ingat, pertanyaan-pertanyaan di atas bukanlah pertanyaan yang ‘dangkal’.

Anda bisa saja berkata alasan trading adalah uang, status sosial, kekayaan, atau sekedar kewajiban. Tapi alasan utama dari seorang trader sukses adalah mereka menyukai profesi ini. Mereka cinta trading.

Ketika anda mempunyai semangat yang tinggi untuk melakukan sesuatu, maka akan terasa menyenangkan melakukannya. Memang dalam trading ada kalanya kita sedih, kecewa dan mungkin tertekan, tapi bagi seorang trader sukses, semua itu adalah bagian kesenangan trading karena mereka mencintai trading. Mereka tetap enjoy meskipun tidak pasti memperoleh penghasilan, menghadapi tantangan di market yang tidak akan pernah selesai, menyadari fakta bahwa 90 persen trader gagal dan lain-lain. Mereka tidak termotivasi karena uang, ketenaran, atau kemenangan, tapi karena cinta sejati terhadap trading. Cinta itu mendorong mereka untuk meningkatkan skill dan akhirnya mencapai puncak. Mereka tidak semata-mata mencari uang, tapi pada akhirnya, mereka memiliki skill yang cukup dan memperoleh uang karenanya.

Apakah anda ingin menjadi trader sukses? Jika ya maka janganlah fokus pada profit. Profit akan datang dengan sendirinya. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah memiliki cinta terhadap trading dan biarkan cinta itu mendorong anda mencapai yang terbaik.

Ketika anda terfokus pada profit, sangatlah sulit untuk meyakinkan diri anda bahwa profit tidaklah penting. Tapi trading adalah kegiatan yang membutuhkan sebuah mindset yang bijak. Bentuklah sebuah mindset yang mengedepankan proses bukannya hasil. Ketika anda terfokus pada profit, anda akan berada dalam suatu tekanan. Ingatlah kata-kata ini: “aku cinta trading, saking cintanya aku tetap trading walaupun ga dapet duit”, dan anda akan menyadari trading itu penuh dengan arti. Memandang trading dengan perspektif seperti ini akan memotivasi anda meskipun anda menghadapi kerugian beruntun dan besar. Membuat anda lebih menikmati trading dan meringankan stress yang bisa menjadi kontraproduktif. Ketika anda tidak terfokus pada profit, lebih mudah untuk tenang dan fokus.

Trader sukses mencintai tantangan di market dan memandang profesi mereka penuh arti. Tapi newbie trader terfokus pada bagaimana memperoleh profit, bagaimana memperoleh lebih banyak profit dan akhirnya menyombongkannya.β– 

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Cinta boleh ben asal jangan marry with your trade……. wekekekeke

  2. Cinta itu memang sulit untuk dipahami…ughh

  3. πŸ˜† cinta adalah cinta, uang adalah efek samping yang menghidupi πŸ˜†


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: