Menerima Kenyataan – part 2

July 9, 2008 at 3:44 am | Posted in My Post | 1 Comment

Ketika trading di market, ketidakpastian adalah sebuah fakta. Tapi banyak trader tidak suka atau tidak mau mengakui fakta itu karena mereka tidak mau mempertaruhkan uangnya dalam sebuah ketidakpastian. Mereka mencari kepastian dan ketepatan. Saya sering sekali melihat, di chat room atau forum-forum, trader (atau mungkin sering disebut master) mengajari trader lainnya untuk menggunakan berbagai macam indikator. Atau para penjual software trading yang mempromosikan softwarenya mampu membantu penggunanya untuk memprediksi market dengan mudah. Tapi ketahuilah, trading tidaklah precise dan mudah. Trading bukanlah ilmu pasti. History only repeats itself when it does. Dan sebuah pola mungkin hanya terbentuk pada satu kondisi market saja.

Sangat bisa dimengerti jika seorang trader mencari sebuah kepastian. Jika market bergerak sesuai dengan pola tertentu dan anda dapat membaca pola tersebut, maka kemenangan dapat dipastikan terjadi. Banyak trader mencari konsistensi prediksi dalam dunia trading tapi ketahuilah konsistensi seperti itu tidaklah ada. Mereka percaya kalau market mengikuti hukum alam dan secara keliru meyakini pula adanya sebuah rumus matematis yang mendasari pergerakan market. Institusi-institusi besar mungkin bisa memprediksi pergerakan pasar dalam time frame yang panjang, tapi mereka mempunyai modal yang luar biasa besar. Untuk investor atau trader kecil semacam kita, tidak ada rumus matematis rahasia. Masa lalu adalah masa lalu, dan apa yang terjadi di masa lalu tidak bisa memprediksi masa depan.

Jangan sampai anda memiliki pemikiran yang keliru bahwa anda dapat memprediksi pasar seperti seorang fisikawan yang bisa menghitung dengan tepat orbit sebuah satelit yang memutari planet Mars. Market tidak mengikuti hukum alam. Banyak sekali variabel yang menjadi penyebab pergerakan pasar. Yang bisa anda lakukan hanyalah mempelajari semua data yang ada dan membuat sebuah educated guess. Selama anda mengatur risiko, anda dapat melakukan serangkaian trading dan biarkan law of averages bekerja. Anda tidak bisa selalu benar, tapi anda bisa cukup benar untuk memperoleh profit. Memang menyenangkan jika berpikir bahwa kita bisa untuk selalu benar, tapi kenyataannya kita tidak bisa. Jika anda menerima fakta ini, anda akan merasa lebih baik dalam jangka waktu yang panjang dan mampu trading dengan lebih profitable.

Orang yang bisa trading dengan baik adalah orang yang selalu semangat untuk sukses. Mereka percaya untuk mencapai kesuksesan, mereka harus mengatur sendiri dirinya dan mau melakukan apapun untuk mencapai kesuksesan. Tapi ada saatnya kita harus sadar bahwa kita tidak bisa mengatur segalanya. Kita harus menerima bahwa dalam hidup ini tidak ada yang pasti. Dan meskipun kita sudah bekerja keras sekali, kita tidak akan mampu mengatur semua aspek dalam hidup kita.

Hidup bisa menjadi penuh ketidakpastian. Kita tidak mau menerima bahwa kita lemah dan tidak berdaya. Manusia yang normal cenderung keliru mengenai kemampuannya untuk mengontrol segalanya. Mereka percaya bahwa mereka dapat mengontrol segalanya. Tapi pada kenyataannya kita tidak bisa mengontrol segalanya. Tantangan yang ada adalah mengenali apa yang bisa kita kontrol dan apa yang tidak. Adalah penting untuk mengenali hal apa yang bisa kita kontrol dan mengerahkan segenap kemampuan kita ke hal tersebut, dan disaat yang sama, kita juga harus bisa mengenali hal apa yang memang diluar jangkauan kita dan tidak menyia-nyiakan waktu untuk mencoba meraihnya. Dalam trading, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menentukan kesuksesan kita. Daripada trading dengan serampangan, jauh lebih baik kita membuat sebuah rencana (planning) dan mengikutinya. Karena hanya dengan sebuah perencananaan kita dapat mengatur risiko untuk memastikan kita dapat tetap survive meskipun mengalami kekalahan beruntun dan tetap yakin untuk mampu menutup kekalahan yang telah terjadi.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah kereeeen =p~
    banyak hal yang bisa diambil dr blog ini… jiayo…
    ’bout trading n ’bout life 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: