Sombong

July 16, 2008 at 1:56 am | Posted in My Post | 2 Comments

Saya pernah chatting dengan salah seorang teman, katanya: Seringkali saya punya keinginan untuk show off trading record saya, yahh sekedar untuk membuktikan bahwa saya benar atau hanya sekedar untuk membuktikan kepada trader-trader lain bahwa saya profitable. Apakah ini sikap yang baik atau buruk? Haruskah saya menyingkirkan perasaan seperti ini? Begitulah kurang lebih hasil chat saya dengan teman saya tersebut.

Saya pernah membaca, tapi sayang lupa dimana, ceritanya tentang George Soros. Kalau ditanya oleh orang lain gimana tradingnya, dia pasti selalu menjawab lagi rugi… Aneh ya? Iya saya sendiri agak terheran-heran.

Keinginan untuk menciptakan imej yang baik tentang diri kita kepada orang lain adalah hal yang wajar, tapi bisa menyeret anda ke suatu mentalitas yang tidak layak untuk trading. Hampir semua trader, baik yang newbie maupun oldbie, memiliki keinginan untuk “dipandang” oleh trader-trader yang lain. Mungkin waktu pertamakali sih asik-asik aja, tapi ketika sudah berbicara konsistensi, mempertahankan reputasi dan sebagainya, maka itu semua bisa mempengaruhi mindset dan pelaksanaan trading anda dan akhirnya gubraakk jatuh menyentuh dasar hehehe…

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin sama saja. Manusia selalu ingin mempertahankan reputasi dan imej dengan berbagai cara. Dan dalam trading, semakin anda di puji orang maka anda akan di pandang sebagai seorang master dan kemudian anda akan memiliki keinginan untuk mempertahankan kemasteran tersebut.

Menjaga reputasi dan “menyelamatkan muka” dapat menghalangi pandangan anda terhadap kenyataan yang ada. Menjaga reputasi dapat membuat seorang trader sulit untuk menerima kekalahan. Keinginan untuk menjaga reputasi dan imej sangatlah kuat, tapi sadarlah bahwa hal ini akan menghalangi kesuksesan anda.

Cara terbaik untuk menghindari sikap sombong adalah dengan merendahkan diri. Tapi jangan pula anda merendahkan diri untuk tujuan menyombongkan diri. Ga usahlah sombong-sombongan. Trading itu sudah sulit, kenapa pula kita memamerkan track trading kita yang justru akan menimbulkan masalah: menjaga reputasi, menyelamatkan muka dan sebagainya yang justru akan menimbulkan tekanan dan bisa membalik hasil trading anda. Simpan saja detil karir trading anda untuk diri anda sendiri. Sifat pamer dan sombong hanya akan memuaskan ego anda untuk sesaat. Dan anda akan membayar mahal kepuasan sesaat itu dalam waktu yang lama.β– 

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. πŸ˜› aku jadi tersindir nech… QQQQ
    tapi bener kata bung beni, kesombongan diri itu perlu dihindari, mau kita oldbie pun ilmu padi selalu harus diterapkan…

    makin berisi makin merendah padi tersebut… jangan dipandang sebelah mata…

    Saya jelas masih newbie kadang keder juga dipanggil guru maupun master… enak jadi trader biasa dach πŸ™‚

    lagi pula memamerkan trading record juga kaga dibagi-bagi bukan ;))

    Salam buat bung Beni semoga sukses buat blognya – sangat edukatif menurut saya πŸ™‚

  2. ohh kesindir tho…padahal maksudku mau ngece :-P.
    semua orang sudah tau ilmu padi, tapi ya itu…
    tapi kalo terang2an sombong sich masih mendingan, yg njengkeli itu kalo musang make bulu ayam..bunyinya petok2 taunya nggigit :D.
    sukses juga utk bung wison
    btw namaku bentoet bukan beni πŸ˜‰


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

