Winning Mentality

July 20, 2008 at 1:02 am | Posted in My Post | Leave a comment

Seberapa besar keyakinan anda untuk meraih profit hari, minggu, atau bulan ini? Berita-berita yang dirilis tampaknya membuat market semakin bergerak tidak jelas arahnya. Krisis di industri perbankan, melambungnya harga minyak, inflasi hingga jebloknya housing market membuat banyak investor kehilangan keyakinan untuk profit di market, tapi tidak demikian dengan anda bukan…? Selalu ada kesempatan bagi orang-orang yang mau terus berusaha mencari strategi dalam bisnis ini, tapi strategi saja tidaklah cukup. Dibutuhkan juga sebuah mentalitas yang yang tepat untuk berkecimpung dalam bisnis trading.

Banyak trader kehilangan percaya diri ketika menghadapi kondisi market yang tidak pasti. Mereka percaya mereka akan merugi dalam tekanan ketidakpastian itu. Keyakinan ini mungkin ada baiknya untuk dipelihara dalam pikiran kita. Seorang trader yang memiliki keyakinan seperti ini akan menjadi lebih hati-hati dalam mengeksekusi setiap trade yang dibuatnya. Tapi keyakinan seperti ini hanya akan menjadi penghalang jika terlalu berlebihan. Minimnya kepercayaan diri seorang trader dapat menimbulkan ketakutan, keraguan, kekhawatiran dan mungkin justru membuat trader tersebut terombang ambing oleh market yang “menghanyutkan” ini.

Sebaliknya jika kita kelebihan percaya diri. Semua ketakutan, khawatir, ragu-ragu tidak ada dalam pikiran kita. Kondisi seperti ini tidak sepenuhnya baik bagi trading itu sendiri. Bagaimanapun diperlukan sebuah sikap kehati-hatian dalam trading, mengingat ketidakpastian yang memang menjadi sifat dasar market dari waktu ke waktu. Lalu sebaiknya bagaimana?

Trader sukses trading dengan pikiran yang lepas. Tidak ada tekanan (pressure) untuk sukses. Mereka berpikir dirinya tidak harus selalu benar, dan juga tidak butuh untuk memprediksi pergerakan market di masa depan. Tapi sebaliknya, mereka mengamati kondisi market secara obyektif, bereaksi dan kemudian sepenuhnya mempercayakan segalanya kepada market. Mark Douglas dalam bukunya Trading In The Zone menyatakan, seorang trader pemula (newbie) tidak ragu-ragu dalam mengambil tindakan. Mereka dengan bebasnya masuk dan keluar market tanpa mengkhawatirkan konsekuensinya. Cara seperti ini dapat membuat mereka mereka melihat kesempatan dengan lebih mudah sehingga mereka dapat mengambil keuntungan ketika kesempatan muncul. Lalu bagaimana sebaiknya kita untuk enter the zone? Dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi, dan seperti yang kita tau, sulit untuk mencapai kondisi seperti itu bila ada pressure yang menekan anda. Mark Douglas menganjurkan untuk menyingkirkan pressure itu dengan cara berpikir bahwa semua hanyalah masalah probabilitas dan secara cermat mengatur risiko. Anda tidak akan bisa menang hanya dalam sebuah (single) trade, tetapi dengan beberapa (series) trade, anda akan memiliki kemenangan yang cukup untuk sebuah profitability dalam jangka panjang. Dengan berpikir seperti itu dan rasa percaya bahwa strategi trading anda akan memberi keuntungan dalam jangka panjang, akan membantu anda tetap berada dalam the zone.

Penting juga untuk mengatur risiko. Pastikan risiko sebelum anda memulai trading, dan hanya gunakan sebagian kecil uang dari jumlah modal di akun anda untuk membuat sebuah trade. Dengan cara seperti itu semua pressure akan menghilang dengan sendirinya, sehingga anda dapat melihat semua kesempatan yang ditawarkan oleh market. Dengan menyingkirkan pressure yang membebani diri anda, anda akan merasa lebih bebas dan terbuka. Anda akan mampu untuk mengenali setiap kesempatan dan trading dengan winning mentality yang tepat.■

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: