Konsentrasi dan Fokus

August 3, 2008 at 10:08 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Anda bisa saja memiliki semangat yang tinggi untuk trading, modal yang sangat besar, strategi yang canggih, tapi jika anda tidak memiliki konsentrasi yang cukup untuk merencanakan, mengeksekusi dan memonitor trade anda, anda akan kehilangan kesempatan. Penting sekali untuk berkonsentrasi ketika anda mengeksekusi sebuah trade dan secara hati-hati dan teliti memonitor market selama trade. Konsentrasi yang terfokus adalah elemen fundamental dalam mental trading yang layak. Dalam dunia yang sibuk seperti sekarang ini, konsentrasi menjadi layaknya sebuah seni. Multi tasking adalah hal yang lumrah. Kita bisa saja berbicara dengan relasi melalui telepon sambil mengendarai mobil ke kantor, browsing di internet sambil menonton berita di televisi dan lain-lain. Dan dalam trading, kita berusaha untuk menyerap informasi/data sebanyak-banyaknya sampai batas memori otak kita penuh. Manusia punya batasan. Walaupun bisa saja kita melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan, tapi ketika pekerjaan yang sangat penting datang lebih baik untuk mengarahkan semua perhatian anda ke satu pekerjaan itu saja.

Apakah anda kesulitan untuk berkonsentrasi? Mungkin tergantung pada kepribadian kita masing-masing. Dulu ketika anda masih sekolah apakah anda sulit untuk belajar di tengah-tengah suasana yang ribut? Sulit untuk memperhatikan penjelasan guru di depan ketika teman sebangku anda mengajak anda ngobrol? Memang lebih mudah untuk belajar dalam ruangan yang sunyi dan memperhatikan penjelasan guru tanpa teman yang mengajak ngobrol kita. Tapi tidak begitu dengan trading, kondisi market seringkali kacau dan penuh dengan ketegangan. Dengan kondisi yang seperti itu mudah sekali bagi kita “terguncang” dan kehilangan konsentrasi. Dan ketika kita tidak fokus mudah sekali keraguan masuk ke pikiran kita tanpa kita sadari. Pikiran jadi bercabang dan mungkin saja akhirnya justru menyabotase trading anda.

Daripada membiarkan pikiran anda terombang-ambing tidak karuan, lebih baik untuk mencoba fokus. Fokus pada tading yang sekarang, tidak terpengaruh trade-trade sebelumnya baik itu loss maupun profit. Tidak juga terpengaruh akan kemungkinan-kemungkinan di masa depan. Dan ketika anda sudah terkunci dalam kefokusan seperti itu, anda telah memperbesar kemungkinan anda memasuki “the zone“.

Semakin anda bisa tetap fokus, semakin pula anda bisa trading dengan “effortless” dan “skillfull“. Tapi pertanyaannya, bagaimana caranya untuk bisa trading dengan konsentrasi penuh seperti itu? Pertama, ingatlah bahwa konsentrasi semacam itu membutuhkan energi psikologis, dan persediaan energi psikologis manusia ada batasnya. Jika anda ingin tetap selalu konsentrasi, anda harus istirahat dan relaks. Tidur dan makan yang cukup. Jika anda lelah atau lapar, saya jamin anda tidak akan bisa membuat pikiran anda fokus dan konsentrasi untuk trading.

Kedua, penting sekali untuk mengatur tingkat stress (di sini saya menyebutnya dgn istilah stress). Stress menyedot energi psikologis. Meskipun anda merasa “senang” atau tertekan karena stress itu, tetap saja stress itu akan menyedot energi anda sedikit demi sedikit, ketika market bergerak dgn cepat, baik itu searah maupun berlawanan dengan posisi yang telah anda buat, maka adrenalin anda akan terpompa ke seluruh tubuh anda. Cara terbaik untuk mengatur stress adalah dengan menerapkan manajemen risiko. Jika anda sudah tahu berapa besarnya risiko yang akan anda terima, anda akan merasa lebih nyaman sehingga bisa lebih memfokuskan perhatian anda pada trade yang sedang berjalan. Semakin kecil risiko yang anda tentukan semakin kecil pula kekhawatiran anda, begitu juga sebaliknya semakin besar risiko yang anda tentukan maka semakin mudah juga anda kehilangan konsentrasi karena anda khawatir jika batasan risiko yang anda tentukan tersebut benar-benar tersentuh oleh pergerakan market. Untuk itu hanya pergunakan uang yang benar-benar anda sudah siap jika terjadi loss (trade with money that you can afford to lose). Manajemen risiko membantu anda untuk terbebas secara psikologis, dan diharapkan dengan kebebasan tersebut anda dapat trade dengan lebih bebas dan kreatif.

Selain itu penting juga untuk memperhatikan masalah-masalah lain yang berasal dari luar trading itu sendiri, misalnya masalah keluarga dan masalah-masalah lain yang berasal dari luar cakupan trading. Kurangi stress sebanyak mungkin dari pikiran anda. Pastikan pikiran anda sedang berada dalam puncak, sehingga ketika trading anda akan trading layaknya seorang pemenang.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: