Happy Trading

August 23, 2008 at 9:03 am | Posted in My Post | Leave a comment

Trading terasa sangat menyenangkan ketika kita memperoleh profit. Tapi apakah trading tetap terasa menyenangkan bila kita tidak mendapat profit? Winning trader mencintai trading. Mereka rela untuk trading meskipun belum tentu memperoleh keuntungan materi. Bagaimana dengan anda? Apakah anda memiliki passion untuk trading? Trader yang memiliki passion pasti akan mampu untuk mengatasi semua rintangan yang menghadang. Ketika kita mencintai sesuatu, kita akan rela untuk melakukan apapun demi sesuatu tersebut meskipun banyak aral melintang yang menghalangi.

Seperti apakah trader yang memiliki passion sehingga mau melakukan apapun demi trading? Saya pernah chatting dengan beberapa trader yang hidupnya kacau berantakan karena trading. Hutang banyak, pernikahan yang hancur dan banyak kejadian-kejadian lain yang timbul akibat dari cinta mati terhadap trading. Teman saya pernah bercerita setelah dia membaca sebuah buku trading, sayang saya lupa judul dan pengarang bukunya, menurut teman saya itu dalam buku itu dituliskan bahwa tidak perlu pintar ataupun cerdas untuk menjadi seorang profitable trader, tapi kemauan untuk bekerja keras adalah kuncinya. Ada juga trader yang menganggap trading adalah bagaimana menjadi lebih pintar dari trader yang lainnya. Tapi bagaimanapun pilihan anda, semuanya membutuhkan kerja keras yang akhirnya melahirkan sebuah “ketidakrasionalan”, dalam tataran konseptual. Winning trader tidak mempunyai masalah untuk memfokuskan dirinya. Mereka enjoy saja untuk bekerja sampai subuh, memandangi grafik yang sama selama berjam-jam atau mengartikan maksud pidato gubernur bank sentral tertentu. Kurang lebih seperti itulah kalau sudah cinta.

Apakah anda khawatir dengan penghasilan anda? Jika ya, maka anda tidak sendirian. Sukses secara finansial seakan-akan menjauhi trader. Sulit sekali untuk profit dari hari ke hari, minggu ke minggu, dan bahkan tahun ke tahun. Berbicara mengenai profit yang konsisten dan mempertahankannya, kita harus melihat ke dalam psikologi diri kita dan bertanya: Kenapa saya trading? Kenapa saya tidak berhenti trading? Kenapa saya harus terus melanjutkan trading? Pasti banyak yang akan menjawabnya seperti ini: hakikat trading adalah memperoleh uang, tapi bagi seorang winning trader, kegiatan-kegiatan yang menggunakan intelektualitas dan kreatifitas dalam trading telah memberikan trading sebuah pengalaman yang optimal. Pengalaman yang dihasilkan dari trading memiliki nilai yang mendalam baginya.

Saya juga pernah membaca tulisan tentang ilmu psikologi yang membahas motivasi seorang manusia yang ditimbulkan dari penghargaan (reward) yang akan diperolehnya. Dalam tulisan itu dikatakan bahwa ada 2 jenis reward yang memotivasi seseorang, yaitu intrinsic reward dan extrinsic reward. Dan intrinsic reward mampu memberikan motivasi yang lebih optimal daripada extrinsic reward. Intrinsic reward dapat membuat seseorang melakukan tugasnya dengan penuh kecintaan, ketulusan dan ketertarikan yang tinggi, sehingga pekerjaan itu diselesaikan dengan kerelaan dan sukacita. Tapi tidak demikian halnya dengan extrinsic reward (uang adalah extrinsic reward), tidak ada motivasi sejenis yang tercipta seperti halnya pada intrinsic reward.

Ketika seseorang mengerjakan tugasnya dengan motif intrinsic reward, dia akan fokus pada tugasnya tersebut dan mencapai sebuah optimal experience pada proses pengerjaan tugas tersebut. Dia tidak akan khawatir tentang sukses atau gagal, dan tidak juga mengharapkan penghargaan atau keuntungan lain selain optimal experience tersebut. Mungkin saja dia menginginkan penghargaan dan keuntungan tapi hanya sebatas keinginan saja, bukan sebagai kebutuhan. Dalam trading, kondisi dan perilaku seperti ini akan meningkatkan kemungkinan untuk menjadi profitable. Jadi jika sekarang anda merasa sedih dan kecewa hanya karena prediksi anda tidak seusai dengan apa yang terjadi pada market, segera kaji ulang tujuan/motivasi trading anda. Lihat pula sisi positifnya; trading itu menantang dan mengasyikkan kok. Anda dituntut untuk selalu mengamati dan mencari jalan keluar, menantang dan mengasyikkan bukan? Dan selama anda tetap terus mengatur risiko, trading juga akan terasa sangat menyenangkan, yah minimal it’s a great time to spend your time ;).

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: