Keseimbangan

September 5, 2008 at 11:19 am | Posted in My Post | 2 Comments

Beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan melintasi selat sunda dengan menumpang pada kapal ferry. Ditengah laut saya memandang ke tengah lautan dan merasa bahwa diri saya teramat kecil di dunia ini. Di tengah hamparan luas lautan, saya merasa diri saya tidak berarti apapun. Diri ini seperti sebuah titik yang tak memiliki arti dalam dunia yang luas ini. Ada dunia yang jauh lebih besar dan luas di sekitar kita dan ketika kita menyadarinya timbul semacam perasaan lega dalam jiwa.

Penting sekali untuk memiliki keseimbangan psikologis, miliki cara pandang yang beragam, tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Pastikan anda memperoleh kesenangan dari area lain di luar trading. Nikmati waktu dari hal-hal lain di luar trading. Semakin anda bisa menyeimbangkan trading anda dengan kegiatan-kegiatan lain yang berguna, maka makin besar pula kemampuan anda untuk menciptakan sukses yang bersifat jangka panjang.

Banyak trader yang dengan kelirunya menganggap bahwa mereka harus mencurahkan semua waktu dan energi yang dimilikinya pada trading. Meskipun trading adalah sebuah tantangan dan membutuhkan usaha yang heroik, trading juga merupakan pekerjaan yang penuh dengan tekanan dan membutuhkan kreatifitas dalam memecahkan persoalan. Seorang trader harus mampu merekonsiliasi dua hal yang bertentangan ini. Trading memiliki komponen psikologis yang sangat berpengaruh, dan jika komponen psikologis ini tidak “ditempatkan” dengan benar, maka performa akan terpengaruh. Penting sekali untuk menempatkan dengan layak, baik trading sebagai tantangan maupun kebutuhan untuk relaks dan istirahat.

Bagaimana caranya untuk tetap mengarahkan waktu dan energi untuk trading tapi juga bisa santai dan men-charge jiwa kita? Semua tergantung dengan diri anda sendiri. Tetapi ketika anda merasa stress, saya jamin anda tidak bisa berpikir dan mengeksekusi trading anda dengan layak. Jika sudah begitu, yang anda butuhkan adalah waktu untuk istirahat, off kan pikiran anda dari trading untuk sejenak, dan kumpulkan energi untuk masuk kembali ke market. Jangan pernah menolak untuk beristirahat. Pikirkan paradoks berikut ini; jika anda bekerja terus menerus tanpa break yang cukup, sebenarnya anda telah membuang-buang waktu anda lebih banyak dari yang anda butuhkan untuk break yang seharusnya anda lakukan. Trading bukanlah seperti pekerjaan merakit mesin di pabrik, yang jika ditunda akan menyebabkan terganggunya sirkulasi produksi secara keseluruhan. Dalam trading anda bisa break kapanpun, meskipun anda break di dalam skedul kerja anda, tidak akan ada kerugian atau terganggunya sirkulasi “produksi”.

Jangan lupa akan keuntungan bekerja sebagai trader. Trading menawarkan kebebasan, kebebasan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman. Jika anda sudah memperoleh profit dalam minggu-minggu terakhir, hadiahi diri anda waktu untuk istirahat dengan nyaman. Bukankah salah satu tujuan anda trading adalah menyejahterakan diri anda dalam hidup ini? Dan bisa menikmati waktu tanpa terikat kewajiban bekerja adalah salah satu kesejahteraan bagi diri anda. Jangan sampai timbul pertanyaan; “kenapa saya menghabiskan waktu hanya untuk trading?” Ingatkan diri anda tentang tujuan anda yang sebenarnya. Buatlah seimbang kehidupan anda diantara trading dan dan hal-hal lain yang membuat hidup anda lebih bermakna.

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ***trading has to be enjoyed

    ***begitu mudah kenapa harus dibikin mumet

    ***trading for living hanya menuntut sebuah keseimbangan hidup antara kerjaan dan komunikasi antar semasa manusia terdekat contoh keluarga 🙂

    selamat sukses

    muach :-*

  2. FYI : Trading forex memang membutuhkan keseimbangan mental kita. Kuncinya ada di Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual kita.

    god bless you mr. bentoet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: