Melawan Kebosanan

September 24, 2008 at 6:33 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Kebosanan adalah masalah yang sering dialami sebagian trader. Mengapa trading, dengan melibatkan uang anda dalam sebuah ‘pertaruhan’, bisa membosankan? Jika anda seorang trader yang ber mindset gambler, mungkin order-order besar anda akan selalu memacu adrenalin anda sehingga kebosanan adalah sebuah hal yang tidak pernah anda alami, tapi jika anda trade dengan cara yang profesional maka kesabaran adalah penyebabnya. Trader yang trade secara profesional (profesional bukan selalu berarti full time trader) pasti memiliki trading plan yang detil dan spesifik, dan dalam menjalankan trading plannya tersebut pasti ada semacam waktu tunggu (waiting time) baik untuk kondisi pasar yang kondusif maupun aturan-aturan lain dalam trading plan tersebut. Dalam waiting time inilah trader sering mengalami kebosanan atau mungkin juga jenuh.

Meskipun tidak seberbahaya depresi, bosan adalah emosi yang tidak mengenakkan. Ketika anda merasa bosan, anda ingin untuk ‘bangun’ dan melakukan sesuatu untuk mengurangi kebosanan itu, tapi sayangnya banyak trader yang melawan rasa bosannya dengan melakukan impulsive trade. Kalau sudah begini tentu saja berbahaya. Kebanyakan impulsive trade hanyalah membuang-buang uang dan waktu, dan yang lebih penting, impulsive trade akan berakhir dengan kerugian, bukan saja uang dan waktu, tapi juga kerugian psikologis. Janganlah melakukan impulsive trade. (Saya akan membahas mengenai impulsive trade di lain waktu)

Mengapa trader yang sedang bosan/jenuh cenderung melakukan impulsive trade? Beberapa trader mungkin merasa ingin selalu melakukan sesuatu, terutama jika sudah di depan monitor mengamati chart. Ada juga istilah “time is money” dan banyak orang yang memahaminya sebagai “kalau saya tidak bekerja maka saya tidak akan mendapat apa-apa” Well, apakah anda termasuk orang yang hanya melakukan sesuatu karena mendapat imbalan (bayaran)? 😀 Menunggu kondisi market yang paling layak dengan strategi trading kita bukanlah berarti kita tidak melakukan apa-apa. Menunggu kesempatan adalah sebuah pekerjaan, dan jangan pernah menganggap menunggu itu mudah karena belum tentu semua orang bisa melakukannya. Ketika trading di market, timing adalah segalanya. Jadi jika anda merasa bersalah karena duduk saja bengong tidak melakukan apa-apa, stop merasa seperti itu!

Bagaimana caranya melawan kebosanan? Sama seperti emosi-emosi yang lainnya, kebosanan perlu dikendalikan agar tidak mempengaruhi trade anda. Banyak sekali cara untuk mengendalikan kebosanan. Lakukan hal lain yang anda sukai, dan ketahuilah, komputer anda bisa digunakan untuk hal lainnya selain trading. Jangan pernah melakukan sesuatu dengan trading anda ketika sedang bosan, tinggalkan trading dan lakukan hal lain yang bisa mengalihkan perhatian anda dari trading. Jangan pernah biarkan kebosanan mempengaruhi trade anda. Salam sukses!!

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: