You vs Others

October 10, 2008 at 2:56 pm | Posted in My Post | 9 Comments

Begitu volatilenya market belakangan ini. Pergerakan naik turun terjadi begitu cepat seiring kondisi perekonomian global yang sedang collapse. Kondisi seperti ini menjadi alasan yang baik untuk menerima bahwa market adalah sebuah ketidakpastian. Tapi satu hal yang pasti, ada trader yang bisa mendulang profit di tengah kondisi pasar yang chaos ini, dan sementara itu ada yang justru menderita kerugian. Ya, selalu ada kesempatan bagi trader yang pandai yang bisa bekerja dengan lihainya di antara pergerakan harga yang naik turun dengan cepatnya, tapi bagi sebagian trader lainnya, mungkin adalah sebuah ide yang baik untuk tetap menunggu di luar market. Hanya anda yang tahu mana yang terbaik bagi anda πŸ˜‰ .

Penting sekali untuk menerima keterbatasan anda dan menjadi careful. Sebagian trader berani untuk mengambil risiko dan berakhir dengan keberuntungan ketika berada di sisi yang benar. Akan selalu menarik untuk membandingkan diri anda dengan trader lain, atau dengan kondisi ideal yang anda sukai, tapi kembalilah kepada apa yang anda miliki sekarang dan kondisi market yang ada. Dalam kondisi yang seperti ini, membandingkan diri anda dengan yang lain tampaknya hanya akan menjadi kontraproduktif. Membandingkan diri anda dengan yang lain sepertinya cenderung lebih banyak mudharatnya daripada manfaat yang bisa didapat.

Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki kecenderungan untuk membandingkan dirinya dengan yang lain. Akan baik sekali untuk mengetahui apa yang bisa anda lawan dan apa yang harus anda hindari untuk bisa tetap aman (save). Dalam dunia trading, wajar sekali jika anda merasa penasaran dengan performance trader yang lain. Terlebih jika ada trader yang menyatakan dirinya memperoleh profit yang besar. Tapi apakah ini penting? Anda bisa saja profit atau justru tidak profit, dan jika tidak memperoleh profit dengan resources yang anda miliki sekarang, ya sudah terima saja, tidak ada yang bisa anda lakukan. Untuk apa membandingkan diri anda dengan trader lain dan menjadi feel bad karenanya dan akhirnya justru malah membuat anda makin terpuruk.

Jelas sekali, membandingkan diri dengan orang lain lebih banyak negatifnya ketimbang positifnya. Masing-masing trader memiliki sejarah atau kondisi yang berbeda-beda. Masing-masing trader memiliki perbedaan dalam hal kepribadian, modal, pengalaman, dan kondisi market seperti apa yang mereka trade kan. Salah satu atau semua dari faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi performance seseorang. Akan sangat bodoh sekali untuk membandingkan performance anda dengan trader lain yang jelas-jelas pasti memiliki perbedaan pada faktor-faktor tadi.

Satu-satunya orang yang bisa anda bandingkan adalah diri anda sendiri. Bandingkan dengan performance anda di masa lalu, bukan dengan performance orang lain. Lakukan review terhadap past performance anda, dimana kondisi market kedua waktu tersebut relatif mirip. Jika anda bisa profitable pada kondisi market yang relatif stabil, maka janganlah menilai diri anda buruk jika anda tidak bisa profit di kondisi market seperti waktu belakangan ini. Sekali lagi, perbandingan seharusnya dilakukan secara hati-hati dan cermat, jika tidak maka akan berakhir dengan keburukan.

Orang-orang yang sukses, entah itu di bidang apapun, tidak mau untuk membuat perbandingan dirinya dengan orang lain. Pendapat yang penting hanyalah pendapat dirinya sendiri. Yakin bahwa diri anda melakukan dengan baik, itulah yang terpenting. Jadi ketika anda membandingkan diri anda dengan orang lain, segera stop itu. Lihat ke dalam diri anda sendiri, hanya ada market dan diri anda. Semakin anda fokus pada standar diri anda sendiri, maka anda akan semakin profitable. Salam sukses.

Advertisements

9 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Setuju.

    Seperti kata pepatah “pengalaman adalah guru terbaik”.

    Bergurulah pada pengalaman kita sendiri, trust me… hasilnya luar biasa..!

  2. Setujuh,
    tapi kadang aku masih heran toet, setelah ada yg posting tulisan mengenai “level seorang trader” eee kok terus ada yang ngaku2 bahwa dia dah “level V” trus kalo YM an dengan aku, ngomongnya sudah spt orang paling sukses di forex, dia kalo ditanya, nggak tau arah market, yg alasannya sudah “level V”, tapi giliran GU turun drastis, teriak2 di MV :D, narsis banget to… btw kapan kawin toet, katanya dah elus2 honda zajj eh honda jazz… salam dari wanda :p

  3. @ anard
    Yup, bicara mengenai pengalaman, sejauh ini saya berpendapat bahwa pengalaman pribadi seorang trader seharusnya menjadi faktor yang dominan dalam pembentukan dan pengambangan karakter dan skill trader itu sendiri, mungkin suatu saat saya akan membuat tulisan yang yang membahas khusu mengenai pengalaman, karakter dan skill trading.

    @ rinto alias jokoasmoro πŸ˜€
    dalamnya samudra memang bisa diukur, luasnya bumi bisa pula di ukur, tapi isi kepala seseorang siapa yang tahu..? (off the record: aku nek neng blog agak warasan jok, bedo karo neng room hihihi πŸ˜‰ )

  4. “…mungkin suatu saat saya akan membuat tulisan yang yang membahas khusu mengenai pengalaman, karakter dan skill trading”.

    Ditunggu πŸ™‚

  5. #bentoet
    wison sependapat namun pengalaman tidak dibarengi pemahaman juga kurang pas…

    #anard
    ditunggu pa anton πŸ˜‰

  6. # Wison
    Justru saya menunggu postingan/artikel tersebut dari Bentoet, karena kalimat tersebut saya quote dari responnya Bentoet πŸ˜€

  7. Pengalaman tanpa pemahaman sering disebut ilmu “titen” kalo orang jawa bilang. sering saya gunakan dalam menjalani kegiatan sehari-hari disaat ilmu pengetahuan nggak berjalan sempurna.

    @Bentoet
    aku gak niat guyon toet, cuma perkenalan untuk nick-ku diluar arena saja πŸ˜€

  8. Makanya ada istilah “be yourself” jadilah diri sendiri, Ngapain ikut2an orang lain, membanding2kan diri kita dengan mereka. Cobalah utk slalu berpikir bahwa kita bisa seperti mereka, bahkan klo mau kita pun bisa lebih dari mereka, jangan pernah merasa kecil hati krn profit yg di dapat sedikit dr mereka. Percayalah dengan Trading System Anda

  9. well,i nevar…………as you soon


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: