Pasrah Menerima

October 18, 2008 at 1:14 am | Posted in My Post | 3 Comments

Mencari strategi yang paling tepat untuk memperkirakan pergerakan market tampaknya adalah gambaran seorang trader. Semua cara dilakukan, mulai dari mempelajari berbagai indikator, memahami berita perekonomian sampai bertanya kepada orang lain mengenai arah market. Tapi akhirnya, tidak ada sebuah strategi pun yang secara sempurna dan konsisten mampu memberikan profit kepada pemakainya. Apakah anda termasuk orang yang masih percaya bahwa ada sebuah strategi rahasia di dunia ini yang bisa memberikan keuntungan jangka panjang kepada pemakainya? Jika anda menjawab ya, maka saya merasa simpati untuk anda terutama jika anda sudah cukup lama menekuni bisnis ini.

Ketahuilah, tidak ada sebuah strategi pun yang seperti saya sebutkan di atas tadi. Itu adalah sebuah fakta. Sebuah kenyataan yang harus kita terima sebagai usaha untuk tetap melanjutkan langkah ke depan dalam menghadapi market yang terus berubah. Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang trader? Apakah berarti kita tidak perlu lagi untuk mempelajari market dan berusaha untuk memprediksinya? Apakah kita cukup menjadi penganut konsep inversi (konsep yang memandang market dari dua sisi saja yaitu naik atau turun) saja? Jawaban yang saya bisa berikan adalah terserah anda 😀 .

Dibutuhkan sebuah pola pikir yang terbuka untuk trading dengan sukses. Dan menerima kenyataan bahwa market adalah unpredictable adalah sebuah bentuk nyata dari keterbukaan tersebut. Dengan menerima kenyataan tersebut anda dapat untuk menerima kesalahan prediksi yang telah anda lakukan sebagai hal yang wajar. Kesalahan memprediksi dan berakibat loss adalah sebuah hal yang wajar dalam trading, bahkan seorang trader yang sudah puluhan tahun dan mampu menghasilkan profit yang konstan dan kontinu pun pasti akan mengalami kerugian. Percayalah!

Dengan menerima kenyataan ini juga anda bisa tetap memiliki pikiran yang obyektif terhadap market. Anda dapat melihat dengan jelas kondisi market yang sedang terjadi, dan melihatnya sebagai sebuah kesempatan untuk meraih keuntungan. Tapi tidak halnya jika anda menutup pikiran anda dan tetap berpikir bahwa market bisa anda prediksi dan akhirnya tetap ngotot dengan prediksi anda tersebut.

Seperti yang sudah saya tuliskan dalam tulisan-tulisan saya sebelumnya, penting sekali untuk bisa membedakan hal mana yang bisa anda kontrol dan hal mana yang tidak bisa anda kendalikan. Jelas sekali pergerakan market tidak bisa anda kontrol, anda hanya bisa menerima apa yang ditawarkan oleh market. Hal yang bisa anda kontrol adalah uang dan diri anda sendiri. Mungkin terdengar terlalu pesimis tapi memang hanya itulah yang bisa anda kontrol sepenuhnya dalam trading.

Ketidakmampuan anda dalam membaca dan memprediksi market dengan tepat bukan merupakan sebuah hal yang paling menentukan profitable atau tidaknya diri anda. Yah memang benar dengan mengetahui kepastian di masa depan kita bisa menentukan nasib sesuai keinginan kita, namun bisakah manusia untuk melakukannya? Terimalah kenyataan bahwa manusia hanya bisa melakukan apa yang terbaik dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Dalam trading kita bisa mengatur uang dan diri kita. Arahkan fokus anda pada hal-hal tersebut dan lakukan yang terbaik yang anda bisa. Dengan demikian setidaknya anda telah berusaha untuk menentukan nasib dalam dunia yang penuh ketidakpastian ini. Salam sukses.

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Tanpa basa basi CARINAFKAH SETUJU !!! Pokok’e SETUJU !!! Betul yang master katakan tuh, yg perlu dibenahi abis2an hanyalah yang bisa kita kendalikan dan jangan maksa terlalu dalam ke hal2 yang diluar kendali kita…SIP ! TOP Banget master Bentoet !!

  2. Yahh begitu lahh…

  3. Bendul sekali….kemaren jumat pasar kacau balau..kalo ga di manage keuangan kita abis tuh….(tapi sy untungnya engga …malah profit hik..hik…)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: