Survive

October 25, 2008 at 12:17 am | Posted in My Post | Leave a comment

Trading adalah tentang permainan risiko. Adalah sebuah fakta bahwa anda harus merisikokan uang untuk bisa memperoleh uang. Beberapa waktu belakangan ini kondisi pasar finansial dunia telah hancur berantakan. Rekor demi rekor tercipta dengan begitu cepat. Mengetahui berita ekonomi dan apa yang akan terjadi di market adalah hal yang berbeda, tapi bagi trader yang memiliki intuisi yang terasah tajam akan mengerti apa reaksi pasar selanjutnya, profit yang banyak pun berhasil diraih. Dalam menghadapi pasar yang chaos dan sama sekali susah untuk di ikuti pergerakannya seperti belakangan ini penting sekali untuk mengatur risiko. Jika anda memutuskan untuk trading dalam kondisi market yang seperti ini, sepertinya penting sekali untuk memperhatikan adverse dan tetap mengatur risiko supaya tetap bisa trading di keesokan hari.

Pentingnya pengaturan risiko harus dipertegas oleh setiap trader dalam sistem yang dianutnya. Tidak peduli sehebat apapun strategi anda, tapi tanpa disertai risk management yang baik maka pada akhirnya hanya kerugian yang akan anda derita. Ketika sebuah strategi gagal memberikan arah yang benar, risk management akan menyelamatkan anda dari kehancuran total. Mungkin pendekatan yang dilakukan setiap trader berbeda-beda mengenai risk management, tapi ada satu hal yang pasti sama yaitu komitmen yang kuat untuk memanage risiko.

Meskipun secara detil teknis setiap trader bisa saja berbeda-beda dalam mengatur risiko, tapi dasar pokoknya adalah membatasi sejumlah uang untuk tiap trade yang dilakukan, dan juga adanya stop/cut loss untuk membatasi risiko jika pergerakan market ternyata tidak sesuai (banyak trader yang menyarankan maksimum risiko sekitar 1-3%, tapi tidak ada aturan yang paling benar karena sifatnya yang relatif bagi tiap-tiap trader). Dengan mengatur uang kecil-kecil untuk tiap trade yang dilakukan anda dapat tetap survive meskipun mengalami kekalahan beruntun, dan tentunya masih memiliki kesempatan untuk ‘membalasnya’ di lain waktu. Hanya dengan cara seperti itulah anda tetap bisa survive di tengah kondisi market yang terus berubah dan tetap memiliki kesempatan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menciptakan strategi lain yang lebih reliable.

Selain untuk bisa tetap survive secara finansial, risk management juga memberikan keuntungan psikologis bagi anda. Ketika anda trading hanya dengan persentase uang yang sedikit anda bisa lebih ‘lega’ dalam melakukan trade. Anda akan bisa afford to lose. Dengan membatasi risiko anda bisa bebas stress dan hasilnya adalah energi psikologis anda terhemat. Akan lebih mudah untuk menjadi obyektif dalam membaca pergerakan market.

Dalam kondisi perekonomian seperti belakangan ini, trading menjadi lebih risky, dan banyak trader yang hanya ‘duduk manis’ di luar market, tapi jika anda memutuskan untuk ikut dalam kegilaan yang sedang berlangsung, please manage risk. Jangan sampai anda berakhir dengan kehancuran atau hampir menuju kehancuran. Lebih penting untuk bisa survive dan tetap bisa trade di masa depan daripada merisikokan modal anda pada satu atau beberapa trade saja. Ingat masih ada hari esok dan kesempatan pasti masih akan datang lagi. Lindungi diri anda di saat kondisi yang berbahaya seperti ini. Batasi risiko, kurangi stres dan survive. Salam sukses.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: