Membuat Tujuan

October 29, 2008 at 12:39 am | Posted in My Post | 1 Comment

Berapa besar keuntungan yang anda inginkan dari trading? 10%, 20%  atau 1000% dari modal anda? Berapapun keinginan anda, semua terserah anda sendiri, it’s your money. Tapi ingat selalu, berapa yang anda inginkan, selalu ada risiko untuk kehilangan. Seorang winning trader akan selalu realistis dalam menentukan target tradingnya. Winning trader tahu sejauh apa kemampuannya dan berapa yang bisa dia dapatkan dari kemampuan yang dimilikinya tersebut.

Trading membutuhkan waktu dan pengalaman. Dan membuat target yang realistis akan membantu anda meningkatkan skill trading anda. Tapi tidak halnya jika anda membuat target yang melebihi skill trading anda sekarang, yang akan terjadi adalah kegagalan dan akhirnya menyerah.

Kebanyakan trader gagal dalam menentukan berapa tujuan yang paling tepat dan layak untuk dirinya. Ketidakobyektifan melahirkan ketidakrealistisan dan kecenderungan itu hanyut dalam gelombang emosi yang mengalir di dalam market. Mungkin anda menganggap remeh sebuah tujuan atau tidak menentukan dengan jelas tujuan anda tersebut, tapi untuk bisa tetap bertahan dan sukses dalam dunia trading ini anda harus menentukan tujuan dan menjabarkannya dengan spesifik.

Berbicara mengenai tujuan/target tentu yang terbayang adalah performance goals. Yaitu, sebuah angka/persentase yang ingin anda raih per bulannya. Ya memang itulah hakikat tujuan kita dalam bisnis ini, tapi akan jauh lebih membantu untuk berpikir secara komprehensif di sini. Pecahlah tujuan anda tersebut secara sistematis menjadi bagian-bagian kecil yang bila digabungkan akan menjadi sebuah tujuan besar anda, dan jangan lupa berikan reward terhadap diri anda bila bagian-bagian tersebut bisa anda capai. Tujuan tidak harus selalu mengenai performance goals, anda bisa juga menyertakan learning goals dalam kegiatan trading anda. Learning goals yang saya maksud disini adalah sebuah tujuan yang tidak berhubungan secara langsung dengan modal uang di akun anda, misalnya tujuan untuk mempelajari market menggunakan sebuah indikator tertentu yang dilakukan selama 30 jam seminggu. Learning goals tersebut mungkin tidak akan secara langsung membuat target performance anda tercapai, tapi setidaknya lebih mudah untuk anda raih dan bermanfaat bagi perkembangan skill trading anda.

Buat diri anda menjadi seorang pemenang. Jangan membuat tujuan yang berlebihan. Buatlah tujuan yang realistis sesuai dengan kemampuan dan pengalaman anda. Kemudian pecahkan tujuan tersebut menjadi bagian-bagian yang kecil. Dan dalam mencapai tujuan-tujuan kecil tersebut, terus kumpulkan pengalaman dan bangun skill trading anda, saya yakin bila sudah tiba waktunya nanti anda dapat membuat tujuan yang lebih besar. Tapi untuk saat ini, lebih baik untuk fokus pada membangun skill ketimbang performance goals yang belum layak bagi anda. Salam sukses.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Göod articel, place ajarin aku tuk bisa sukses


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: