Sukses, Sebuah Ilustrasi

November 1, 2008 at 12:23 am | Posted in My Post | 2 Comments

Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti menginginkan kesuksesan. Aneh rasanya kalau ada orang yang menginginkan kegagalan. Orang yang ambisius berusaha sekuat tenaga untuk mencapai kesuksesan tersebut, dengan cara mengerahkan sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Tapi ingat, manusia memiliki kebutuhan dan keinginan yang kompleks, dengan mengejar sebuah tujuan tidak akan bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut. Perlu sekali untuk menempatkan dengan tepat kedua hal tersebut (kebutuhan dan keinginan) dan mungkin sedikit hal-hal yang lain.

Apakah sukses itu? Ada empat ilustrasi yang mungkin membantu untuk menjelaskannya (saya pernah membaca empat hal ini tapi sayangnya saya lupa dimana bacanya…). Pertama, orang-orang sukses merasakan bahwa pekerjaannya adalah sangat pleasurable. Kedua, mereka percaya bahwa apa yang mereka lakukan adalah dalam rangka ‘menyelesaikan’ sesuatu; mereka terus menggali diri mereka untuk menyelesaikan sesuatu tersebut. Ketiga, mereka merasa apa yang mereka kerjakan memiliki dampak positif terhadap orang-orang yang ada disekeliling mereka (keluarga, teman dan orang-lain lain di lingkungan sosialnya). Dan yang keempat, mereka percaya bahwa mereka sedang dicatat dalam ‘sejarah’ dan akan mewariskan apa yang telah mereka lakukan; apa yang dikerjakan olehnya entah bagaimana akan membantu seseorang untuk mencapai sukses bagi dirinya sendiri.

Apa dan bagaimana hubungannya dengan dunia trading? Saya akan tuliskan pendapat saya dan saya persilahkan anda untuk mengomentari, kritik, pertanyaan atau apapun di bagian comment tulisan ini. Pertama, anda harus bisa memandang trading sebagai hal yang menyenangkan (pleasureable); anda harus enjoy dengan proses trading itu sendiri, dan termotivasi dengan imbalan yang melekat pada trading itu sendiri (bahasa sederhananya: uang). Tapi ingat, jangan sekali-kali anda terover-consume terhadap imbalan (uang) ini, saya jamin pasti tidak akan berakhir dengan baik jika seperti itu.

Kedua, anda harus tetap fokus pada bagaimana menaklukkan, berteman atau apapun namanya, dengan market. Anda harus terus menerus menimba ilmu dalam rangka menaklukkan, berteman, dll tersebut. Jangan pernah merasa puas dengan skill trading yang anda miliki sekarang, terus belajar karena market akan selalu berubah. Jika anda sudah merasa puas dan cukup, berarti anda tidak sukses hehehe.

Ketiga, mungkin ini yang agak sulit ๐Ÿ˜‰ , orang sukses mau untuk memberikan hasil dari kesuksesan yang sudah diraihnya. Mungkin kalau untuk orang yang disayangi/dicintai seperti keluarga dan teman saya rasa tidaklah sulit, tetapi kalau yang seperti Warren Buffet atau Bill Gates yang menyumbangkan sebagian besar kekayaannya demi manusia lain yang hidup seplanet dengannya mungkin agak sulit. Yahh mungkin tidak harus seperti kedua orang itu, cukup sumbangkan sedikit profit anda kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar lingkungan anda saja saya rasa sudah cukup ๐Ÿ˜‰ . Tapi ingat bagi orang sukses ini adalah kebutuhan, bukan kewajiban.

Yang keempat ini juga mungkin agak sulit, banyak trader yang mengamalkan elemen nomor empat ini dengan memberikan semacam pelajaran, arahan, pencerahan atau sekedar membantu trader-trader lain, terutama pendatang baru. Dengan melakukannya mereka merasa mereka telah menuliskan dirinya dalam ‘sejarah’ dan mewariskan atau membagi/sharing dan diharapkan orang yang menerimanya dapat sukses seperti dirinya. Dan menurut pengamatan saya yang tidak seberapa ini, banyak trader yang justru mendapat keuntungan ekonomis dari kegiatan seperti ini (dibayar karena sudah mengajari = guru trading), pertanyaan yang cukup menggelitik adalah apakah mereka (guru trading) termasuk trader sukses yang sedang mengamalkan elemen keempat ini? Entahlah, tapi yang jelas seorang petinju berbeda dengan seorang pelatih tinju.

Keempat hal yang saya tulis diatas menurut saya adalah ilustrasi seorang trader sukses. Enjoy, terus belajar, memberi dan sharing. Saya yakin jika kita bisa mengilustrasikannya pada diri kita sendiri, kita bisa terus memaintain kesuksesan kita dan mencapai kesuksesan sejati yang kita inginkan. Semoga menginspirasi.

“Try not to become a man of success, but rather try to become a man of value.” (Albert Einstein, 1879-1955)

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ***pengen banget bisa seperti bill n buffet :”>

  2. Dibayar karena udah ngajarin?
    Bukan sharing lagi namanya. Komersil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: