Sukses, Lucky?

November 2, 2008 at 4:22 am | Posted in My Post | 1 Comment

Sukses dalam hidup ini seringkali berarti being at the right place at the right time. Ya memang benar bahwa untuk meraih kesuksesan dibutuhkan kerja keras dan juga kemampuan yang unik. Tapi alangkah banyaknya orang yang sudah bekerja keras dan juga memiliki kemampuan unik tersebut tetapi kesuksesan belum juga datang menghampiri mereka. Dan semua itu kebanyakan karena mereka tidak being at the right place at the right time, mereka tidak memiliki kesempatan untuk mencapai kesuksesan.

Jika kita mau jujur, memang benar adanya bahwa keberuntungan berperan dalam sebuah kesuksesan. Dan ketika kita sedang dalam sebuah kesuksesan, mudah sekali untuk tidak mau mengakui bahwa faktor keberuntungan memiliki peranan dalam kesuksesan tersebut. Mudah sekali untuk ‘menipu’ diri kita dengan berkata semua hasil yang telah saya capai merupakan seratus persen murni karena kerja keras dan kegigihan saya.

Mungkin menyenangkan sekali untuk berpikir bahwa semuanya bergantung pada diri kita sendiri. Tapi sekali lagi, siapapun kita, pasti ada bagian dari kesempatan atau keberuntungan yang menyertai sebuah kesuksesan. Tidak peduli seberapa keras anda bekerja untuk meraih kesuksesan, selalu ada keberuntungan yang mempengaruhi.

Tapi kesuksesan tidak berarti hanya keberuntungan semata, dan sangat penting untuk mengingat fakta ini. Tidak peduli seberapa beruntungnya diri anda dalam mencapai sebuah kesuksesan, pasti ada bagian dari kemampuan atau kerja keras anda yang mempengaruhi.

Sukses mungkin sulit untuk diraih, tapi mungkin ada hal yang lebih sulit lagi yaitu mempertahankan kesuksesan itu sendiri. Mempertahankan kesuksesan akan menjadi hal yang sulit jika anda tidak yakin bahwa anda layak untuk mendapatkannya. Apakah anda merasa ‘menipu’ diri sendiri? Apakah anda tidak yakin bahwa kesuksesan yang anda raih bukanlah murni karena hasil kerja keras anda? Jika anda menjawab ya, maka sebaiknya anda membangun kesadaran dalam diri anda dan segera mencari resolusinya.

Di satu sisi, akan sangat membantu untuk mau mengakui bahwa keberuntungan memang memiliki peran yang tidak bisa diremehkan dalam kesuksesan yang telah kita capai. Tapi di sisi lain, sadari juga bahwa kesuksesan itu tidak datang hanya karena keberuntungan semata, tapi juga membutuhkan kerja keras dan usaha yang giat. Lakukan pendekatan yang berimbang seperti ini, sadari peran keberuntungan dan faktor-faktor eksternal lainnya dalam kondisi-kondisi tertentu tapi juga pahami kontribusi apa yang telah diri anda berikan, dengan begitu akan makin mudah bagi anda untuk membentuk winning mentality dalam diri anda. Salam sukses.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. salam kenal tukeran link yukk


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: