Right Here, Right Now

November 9, 2008 at 2:18 am | Posted in My Post | 2 Comments

Dalam trading, ketakutan dan kecemasan seorang trader mungkin berarti sebuah kesempatan bagi trader yang lain. Belakangan ini market memiliki pergerakan yang sangat signifikan, dan jika anda berada di sisi yang tepat maka anda profit. Hanya ada dua pilihan yang bisa anda pilih: yang pertama anda trade dengan takut, cemas dan tertekan atau anda melakukannya dengan tenang dan enter the zone.

Ketidakpastian bisa berarti keuntungan bagi short term trader yang memiliki intuisi dan skill yang baik.  Ketidakpastian bisa berarti berbahaya bagi trader yang tidak memiliki pengetahuan, skill, modal, dll tapi mungkin justru merupakan berkah bagi trader lainnya. Entah anda berada di sisi yang mana, tapi satu hal yang pasti, kunci sukses jelas adalah enter the zone bukannya panik, cemas dll.

Bagaimana caranya supaya bisa enter the zone? Pertama, anda harus singkirkan fear anda. Seperti yang kita tahu, rasa takut akan melahirkan keragu-raguan, dan akhirnya kecemasan akan muncul dalam menghadapi ketidakpastian tentang masa depan, dan pengalaman buruk di masa lalu merupakan katalis yang sangat manjur untuk semua ini. Buat diri anda hanya fokus pada proses yang terjadi saat ini, here and now. Kondisikan pikiran anda hanya terfokus pada saat kini saja, singkirkan pengalaman masa lalu dan kemungkinan di masa depan. Dengan mengkondisikan seperti itu, anda bisa lebih in touch dengan insting anda. Anda bisa melihat market dengan lebih jelas dan memiliki feel yang lebih peka. Anda dapat untuk mereview sekian banyak data yang ada dan menemukan mana yang paling penting dan signifikan pengaruhnya terhadap pergerakan market. Mencapai kondisi seperti ini akan sangat membantu anda mencapai kesuksesan yang anda inginkan. Perlu sekali untuk belajar bagaimana mencapai level konsentrasi seperti ini.

Meskipun sulit sekali untuk menyingkirkan fear dari pikiran kita, tapi penting sekali untuk fokus pada masa kini saja. Berpikirlah secara strategik jangan dengan emosi. Tenang, relaks dan konsentrasi. Jangan berpikir tentang masa depan. Jangan bebani pikiran anda dengan sebuah kesempurnaan yang tidak mungkin bisa kita raih sebagai manusia. Terima keterbatasan dan kekurangan anda, lihat kesempatan yang ada, dan bertindaklah berdasarkan apa yang anda lihat. Tapi ingat, jangan sampai anda overconfident dan mengambil risiko yang tidak perlu. Ketakutan muncul ketika seseorang tahu bahwa masa depan merupakan ketidakpastian, dan stress muncul ketika anda menekan diri anda untuk mencapai target. Ketika fear dan stress muncul, anda harus menurunkan ekspektasi anda dan menerima penurunan itu dengan rela daripada anda kecewa karena tidak bisa meraih target yang tinggi (sebelumnya). Winning trader mengikuti kemana market akan membawa dirinya dan tidak pernah memaksakan kehendaknya terhadap market.

Jangan bertindak sembrono. Antisipasi kondisi reverse. Pastikan terlebih dahulu anda safe. Buat backup plan, dan selalu manage risk. Jika anda mengambil risiko dengan uang yang tidak afford to lose, maka anda akan menjadi cemas. Dalam kondisi seperti belakangan ini, banyak trader yang putus asa dan melakukan big money trade. Mereka trade dengan uang yang lebih banyak daripada yang seharusnya, yang berarti risiko yang lebih besar juga.

Semua yang saya tulis di atas terdengar sangat bagus secara teori, tapi bagaimana mempraktekkannya? Mungkin sangat sulit untuk mempraktekkannya terlebih dalam jangka waktu yang relatif lama, atau pun untuk tidak memiliki rasa fear tanpa cemas tentang apa yang akan terjadi. Mungkin akan lebih mudah jika dalam jangka waktu yang relatif pendek, yah setidaknya cukup waktu bagi anda untuk mengevaluasi sebuah trade dan mengambil tindakan tegas yang diperlukan. Pertama, perhatikan dan identifikasi pikiran seperti apa yang membuat anda takut dan menjadi fokus terhadap kemungkinan-kemungkinan di masa depan. Kedua adalah coba untuk menghindari ataupun menyingkirkan pikiran-pikiran tersebut dari kepala anda, setidaknya ketika anda sedang trading. Memang sulit sekali untuk tidak memikirkan atau membayangkan tentang apa yang akan terjadi di masa depan, tapi percayalah bahwa anda bisa untuk menyingkirkannya paling tidak untuk sementara waktu disaat anda sedang trading. Katakan kepada diri anda untuk stop berpikir tentang masa depan, entah itu loss ataupun profit. Katakan pada diri anda, pikiran itu akan anda pikirkan setelah trade sudah selesai dan tiba waktunya untuk mengevaluasi trade tersebut, dan sekarang yang saya butuhkan adalah fokus pada saat ini saja.

Winning trader tidak mau menyesali masa yang sudah lewat atau juga cemas terhadap kemungkinan di masa yang akan datang. Mereka hanya fokus pada masa kini saja. Saya yakin anda juga bisa untuk seperti itu. Fokus dengan apa yang terjadi sekarang, dan jika anda bisa untuk fokus seperti itu, maka hal tersebut merupakan keuntungan bagi anda. Semoga menginspirasi.

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. terima kasih atas tips dan tricknya…
    walaupun susah sih menerapkannya saat trading..
    hehehhehe

    sekali lagi terima kasih

    http://tradersukses.site90.net

  2. susah sih diterapin..masalahnya ini soal psycology hehehhehe
    terima kasih banyak atas tips n tricknya
    http://tradersukses.site90.net


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: