Hindari Stress

November 15, 2008 at 6:52 am | Posted in My Post | 3 Comments

Trading adalah profesi yang penuh dengan pressure. Menghadapi ketidakpastian dengan uang anda dipertaruhkan di dalamnya merupakan kegiatan yang benar-benar penuh tekanan. Mungkin anda sudah tahu, bahwa stress harus dilepaskan secara berkala. Jangan pernah meremehkan libur trading. Dan yang tidak kalah pentingnya juga adalah selalu hindari pressure. Berikut adalah cara menghindari tekanan dalam trading anda.

Pertama, jangan pernah memasang target yang melampaui skill trading yang anda miliki. Jika anda termasuk pendatang baru (newbie) dalam trading, jangan menambah diri anda tertekan dengan memasang target yang tidak akan bisa anda raih. Misalnya, buat tiap posisi yang anda open dengan quantity yang kecil dan buat selalu batasan risikonya. Jika anda memaksa diri anda untuk tetap melakukan trade dengan quantity yang besar, bukan saja trading dengan penuh kecemasan dan takut, mungkin juga anda bisa menghabiskan margin di dalam akun anda dan akhirnya tidak bisa trading lagi dengan kekecewaan di dalam hati.

Kedua, think of the big picture. Mudah sekali bagi seorang trader untuk merasa kecil hati. Loss demi loss dialami meskipun usaha yang sudah dilakukan dirasa cukup keras, tapi sebagai trader penting sekali untuk selalu optimis. Anda bisa saja loss di hari kemarin atau hari ini, tapi belum tentu di akhir bulan anda secara keseluruhan merugi. Banyak trader membuat kesalahan dengan menganggap kompensasi sebagai seorang trader sama layaknya dengan penghasilan seorang karyawan. Jika anda adalah karyawan, anda bekerja dengan baik sesuai job description anda dan anda mendapat bayaran (gaji) yang mudah-mudahan sesuai dengan pekerjaan yang anda lakukan tersebut. Tapi tidak demikian halnya dengan seorang trader. Mungkin anda telah bekerja (trading) dengan giat dan bersungguh-sungguh, tapi belum tentu pada akhirnya anda mendapat “gaji” yang sesuai. Market akan terus berubah dan terkadang market tidak mau untuk memberi anda profit sesuai dengan kerja keras yang telah anda lakukan (baca: sesuai target).

Ketika target trading anda tidak tercapai, mungkin anda akan merasa seperti bayaran tidak sesuai dengan kerja yang telah dilakukan, tapi sekali lagi; penting sekali untuk optimis melihat ke depan. Think of the big picture. Mungkin semua usaha anda saat ini belum mendapat bayarannya sekarang, mungkin besok atau bulan depan, selama anda tetap terus mempelajari market dan membangun terus pemahaman anda tentang market, anda harus tetap optimis bahwa semua kerja keras yang telah anda kerahkan akan  memperoleh bayaran profit pada pergerakan market yang akan datang.

Jadi, berhentilah untuk berpikir konvensional seperti itu. Mungkin minggu ini anda sibuk sekali dengan trading anda, tapi belum tentu profit yang diraih sesuai dengan kerja keras anda. Ketika anda menentukan berapa profit yang anda inginkan dalam periode tertentu berarti anda telah menetapkan performance goals. Dan trading tidak melulu hanya mengenai performance goals, tapi ada juga learning goals. Mungkin minggu ini anda tidak bisa mencapai performance goals anda, tapi sesungguhnya pengalaman anda telah bertambah lagi dengan adanya learning goals dalam trading anda. Sikap dan pemikiran seperti itu memang tidak akan langsung membantu naiknya profit yang anda raih, tapi anda akan merasa lebih baik karenanya, yang berarti anda telah menghindari stress dalam trading anda.

Jangan biarkan loss yang terjadi membuat anda berkecil hati. Ya memang sulit untuk bisa profit dalam trading, tapi ketahuilah semakin sedikit stress yang anda alami, maka anda akan lebih mudah untuk membaca market dan melihat kesempatan yang ditawarkannya. Siapa yang tahu kesempatan apa yang ditawarkan market esok hari? Minimalisir stres, tetap bekerja keras dan jangan mau menyerah. Saya yakin pada akhirnya nanti kesuksesan akan datang kepada anda. Salam sukses.

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Emang paling enak Trading Tanpa Beban 😛

  2. sampai aku menulis comment ini..masi 1/2 percaya kalo ben trnyata bisa juga nulis hal yg bermutu…kirain bisanya cuman godain cewe di room indo …hahahahaha..:))

  3. muaaach


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: