Loss, It’s Normal

November 30, 2008 at 11:44 am | Posted in My Post | 3 Comments

Dalam dunia trading, penting sekali untuk tetap realistis dan bekerja keras untuk mewujudkan tujuan. Trading tidaklah mudah. Seperti yang kita ketahui, trading adalah kerja keras. Kesuksesan bukanlah sebuah jaminan, tapi bukan pula sesuatu yang tidak mungkin.

Banyak trader menjadi kecewa dengan kerugian yang sudah atau sedang dialaminya. Tapi kerugian adalah hal yang biasa dan wajar dalam sebuah bisnis. Kerugian adalah sebuah hal yang biasa dan wajar dalam trading. Dan penting sekali untuk belajar mempersiapkan mental anda untuk bisa menerima kerugian. Seperti salah seorang teman trader saya berkata: “Kalau ga mau rugi, ke laut aje lu.” Ada teman saya juga yang lain, yang lebih bijak, berkata: “Bersiaplah untuk menderita loss.. Loss yang banyak. Kamu pasti akan merasakan loss dan itu adalah hal yang pasti dalam trading. Saya sendiri sudah berusaha keras sekuat tenaga untuk mempelajari market, tapi tetap saja loss. Semua orang yang memutuskan untuk trading pada prinsipnya karena mereka menginginkan sesuatu yang lebih. Tapi hanya sedikit yang berhasil. Ternyata trading tidaklah semudah yang terlihat. Orang berpikir bahwa mereka bisa memperoleh sedikit pips saja salam sehari, dan hasilnya mereka menjadi kaya dengan cepat dan mudah. Tapi itu adalah pemikiran yang bodoh dan konyol tentunya. Hanya sedikit orang beruntung yang bisa melakukannya dalam jangka panjang.”

Trading memang tidaklah mudah tapi tidak semua trader mau untuk menerima itu sebagai sebuah kenyataan. Bisnis ini bukanlah jenis bisnis yang do it and be succes. Trading membutuhkan waktu untuk membangun skill. Dan akan selalu ada kesalahan (baca: loss) yang anda buat. Kesalahan akan selalu menyertai perjalanan karir seorang trader. It just happens. Dan yang menjadi pertanyaan adalah apakah kesalahan-kesalahan tersebut worthed? Anda bisa menjawabnya sendiri kepada diri anda.

Ketika trading di market, mudah sekali untuk percaya “profit adalah segalanya.” Profit memang penting, tapi ironisnya profit bukanlah satu-satunya tujuan. Teman saya yang sangat bijak sekali berkata: “Yang penting itu bukan profit atau loss, tapi bagaimana kamu menjalani proses trading itu sendiri.” Jika anda trading dengan disiplin dan komitmen yang tinggi, maka kemungkinan besar anda akan sukses. Anda harus menaruh respect terhadap trading dan market. Anda tidak akan bisa membuat market menuruti apa yang anda mau. Market bergerak sesuai dengan keinginannya sendiri. Anda harus mau untuk menerima apa yang ditawarkan market kepada anda. Penting sekali untuk bisa “menikmati” proses trading itu sendiri. Menikmati tantangan intelektual yang ada di dalam trading. Anda bisa menggunakan kreatifitas anda dan merasa puas jika berakhir dengan baik. Terkadang anda menang, tapi seringkali anda kalah. Dan setiap trade memiliki sesuatu yang bisa anda pelajari tentang diri anda, market dan trading. Mungkin anda menganggapnya remeh, seperti bagaimana anda menerima kerugian setelah sekian kali mendapat profit. Atau mungkin anda bisa mempelajari tentang keterbatasan anda. Selalu ada yang bisa dipelajari dari trading. Apapun yang anda lakukan, jangan terperangkap dalam pandangan sempit bahwa profit adalah segalanya dalam trading. Anda tidak bisa sepenuhnya berkuasa atas trading anda dan ketika anda hanya berpikir tentang kemenangan maka yang terjadi adalah kesesatan dalam pemikiran yang dangkal.

Nikmati proses trading itu sendiri. Hadapi dan selesaikan tantangan yang ada. Lakukan trading bukan hanya karena profit semata, tapi juga karena cinta, lakukan karena anda memang senang bertrading. Jika anda bisa menyingkirkan pikiran profit adalah segalanya, maka anda akan lebih mudah dalam mengatur emosi. Dan ketika anda mengalami kerugian, anda tidak akan merasa rendah diri atau ragu dengan kemampuan diri anda. Tapi sebaliknya, anda akan secara aktif mencari jawaban apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Buat dan jaga selalu mental anda layak untuk trading. Salam sukses.

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ***Loss adalah hal yang sangat amat wajar πŸ™‚

    Saya loss alias MC setiap tutup pasar jumat ETC πŸ™‚

    tapi tanyakan kenapa hari Senin – Jumat -> jam kerja tidak loss?

    karena kita tau [dan wajib tahu apa itu trading spot market – bisa liat dan bisa ngerasa fluktuatifnya pasar]

    Hal itu wajar loss profit itu setiap saat akan terulang kecuali kita emang menginginkan loss unlimited [learn by trading – kalo zaman saya ada P4 <- sebuah kedisiplinan hidup yang wajib diulang dari smp – kuliah]

    nah loss karena diri sendiri belum dikatakan gagal dalam trading tapi gimana kalo loss itu emang diciptakan oleh pihak tertentu?

    <!– National Trading Competition siap digelar –>

  2. Tumben… gue gak mudeng blas ama comment-nya Wison 😦

    Bisa diperjelas? Lewat YM atau email juga boleh.

    Thx! πŸ™‚

  3. entah mengapa setiap kali membaca blog ini…perasaan tenang selalu muncul πŸ™‚ seperti tangan Tuhan memegang pundakku…dan menyemangatiku :)) thanks buat blog yg indah ini…emuach πŸ˜‰


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: