Bad Mood

December 30, 2008 at 10:38 pm | Posted in My Post | 2 Comments

Winning trader mengalami  keterpurukan demi keterpurukan. Market memang sulit untuk bisa diprediksi dengan tepat. Arah pasar bisa bergerak berbalik hanya dalam waktu yang sangat cepat. Dan entah bagaimana kita selalu serba salah dalam ketidakpastian tersebut. Ketika seorang trader mengalami loss demi loss wajar sekali untuk merasa bad mood, merasa kecewa dan pesimistis. Tapi bagi seorang winning trader, perasaan seperti itu harus segera “diperbaiki” dengan membangun mental sebagai seorang pemenang.

Tentu saja perasaan bad mood yang timbul dari hasil trading yang buruk tidaklah bersifat konstruktif bagi perkembangan trading anda. Lebih banyak pengaruh negatif ketimbang pengaruh positif yang dihasilkan dari bad mood. Keputusasaan dan kesedihan menyelimuti pikiran dan perasaan anda. Dan akibatnya anda akan lebih sulit untuk melanjutkan kegiatan trading anda.

Dalam menyikapi keterpurukan, terkadang dibutuhkan sikap cuek atau tidak peduli terhadap kekalahan-kekalahan yang sudah dialami. Dan sikap tidak peduli tersebut membutuhkan energi psikologis yang tidak kecil dalam aplikasinya. Tapi bisa juga kita menyikapinya dengan mencoba mengingat saat-saat di mana kita memperoleh kemenangan-kemenangan gemilang yang pernah kita alami. Dengan membayangkan momen-momen indah dalam perjalanan trading kita, perasaan kecewa dan pesimistis bisa kita singkirkan dan digantikan dengan semangat baru untuk menghadapi tantangan yang akan datang.

Cara lain yang bisa anda lakukan dalam menghadapi keterpurukan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa menimbulkan perasaan menyenangkan bagi anda. Lupakan sejenak trading anda, alihkan pikiran anda pada kegiatan lain yang memang anda sukai dan menghasilkan perasaan positif bagi anda.

Apapun cara yang anda lakukan, semua tergantung pada kepribadian anda sendiri. Beberapa orang ada yang bisa dengan mudahnya bangkit setelah menjalani serangkaian bad trades. Tapi ada juga yang lebih sulit untuk bisa bangkit dan melanjutkan tradingnya. Penting sekali untuk mengamati dan bereksperimen cara yang seperti apa yang terbaik bagi anda. Mungkin anda akan lebih mudah untuk bangkit dengan membuka jurnal trading anda dan mengenang kejadian-kejadian terbaik dalam perjalanan trading anda. Atau anda memutuskan untuk rehat sejenak dari trading dan melakukan kegiatan lain yang anda sukai. Cara apa yang anda sukai? Terserah anda sendiri. Tapi satu hal yang pasti, ketika anda sedang dalam bad mood, penting sekali untuk membangkitkan kembali semangat optimisme anda dalam mempertahankan mental yang layak untuk trading anda. Salam sukses.

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. another human w feeling 😛

  2. anda tidak ingin mengalami bad mood?silakan pandang picna ben yg gi pake kacamata item sepuasnya :)) dijamin..wes,,,ewes..ewes..bablas bad mood e :))


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: