Tahun Baru: Mental Trading yang Baru

January 1, 2009 at 1:02 pm | Posted in My Post | 3 Comments

Tahun baru telah tiba. Tidak terasa tahun 2008 telah di gantikan dengan tahun 2009. Semoga di tahun yang baru ini semua apa yang kita harapkan menjadi terwujud. Marilah kita jadikan perayaan tahun baru kali ini sebagai sebuah awal untuk memulai langkah baru menyongsong harapan yang lebih baik.

Ketika trading selama tahun kemarin, loss dan profit pasti mewarnai perjalanan trading anda. Profit mungkin datang ketika anda bisa membaca pola pergerakan pasar dengan indikator yang anda gunakan. Dan loss mungkin terjadi ketika karena indikator anda memberikan sinyal yang tidak sesuai dengan pergerakan pasar yang terjadi. Itulah trading dan itulah hidup. Terkadang kita benar dan terkadang kita salah. Yang bisa kita lakukan adalah terus berusaha untuk bisa melakukan yang terbaik.

Dalam trading, seorang pemenang haruslah memiliki mental trading yang layak. Trader layaknya seorang atlit. Harus selalu fokus akan apa yang sedang dikerjakannya. ketidakmampuan, kekurangan atau masalah-masalah lain di luar trading tidak bisa dengan mudahnya menjadi pengganggu. Semakin anda bisa untuk menyingkirkan tekanan dan kecemasan dalam hidup anda, semakin mudah pula anda bisa trading dengan fokus dan konsentrasi yang cukup.

Lebih mudah untuk trading ketika anda berpikir bahwa market akan selalu mengikuti apa yang anda mau, tapi di waktu-waktu belakangan ini mungkin market tidak begitu adanya. Sebelum krisis ekonomi yang terjadi sekarang, mungkin kita semua berpikir bahwa market relatif stabil dan jika anda cukup sabar untuk menunggu, anda akan menemukan kondisi market yang sesuai dengan harapan anda. Tapi sulit sekali pada kenyataannya. Sulit sekali untuk tetap bersikap optimis tentang masa depan. Berita tentang runtuhnya perusahaan-perusahaan besar, bailout, pengangguran yang meningkat menjadi hal yang biasa di surat-surat kabar. Memang sulit untuk bisa berhasil dalam trading. Akan sangat membantu sekali jika anda berpikir bahwa trading adalah masalah probabilitas, risk control dan trading plan.

Trading adalah masalah probabilitas. Jangan hanya fokus pada hasil dari satu trade saja. Think of the big picture. Anda mungkin kalah dalam satu single trade, tapi dengan strategi yang diterapkan secara konsisten, anda mungkin bisa keluar sebagai pemenang pada akhirnya. Dibutuhkan fokus pada jangka panjang, bukan hasil dari sebuah perjalanan jangka pendek saja. Ingatlah bahwa kesuksesan adalah bersifat long term, bukan sesaat saja. Anda harus mengexecute trade demi trade sesuai dengan strategi yang sudah anda tentukan dan menilai apakah law of average berpihak kepada anda.

Yang tidak kalah pentingnya adalah risk control. Trader sukses hanya merisikokan sedikit persentase dari modalnya dalam setiap trade. Membatasi risiko dalam sebuah trade dapat membuat anda merasa lega dan tidak terbebani yang berarti anda akan terbantu untuk bisa berpikir dengan jernih. Jangan pernah berpikir bahwa setiap trade yang anda lakukan haruslah bisa membuat anda lebih kaya dalam waktu cepat.

Trading dalam sebuah trading plan juga sangat penting. Semakin jelas sebuah trading plan, maka semakin mudah pula untuk di laksanakan. Trading plan yang semakin detil juga akan membantu anda untuk tetap fokus. Trading plan menjadi pegangan anda di tengah ketidakpastian yang ada. Trading plan yang baik akan membantu anda menjadi disiplin dan mengontrol emosi dalam proses trading.

Manusia memiliki kecenderungan untuk menjadi “irasional”. Misalnya, keinginan untuk tidak mau rugi yang di manifestasikan dengan keinginan untuk selalu benar. Jangan pernah takut untuk mengakui sebuah kesalahan. Dan jangan pernah berpikir anda harus membuat semua kesempatan yang ada menjadi sebuah keuntungan. Jangan membuat ekspektasi yang terlalu tinggi. Ketika ekspektasi anda terlalu tinggi, berarti anda memberikan tekanan kepada diri anda sendiri dan tekanan itu akan mempengaruhi pemikiran anda. Dalam tahun yang baru ini, marilah untuk mengubah mental trading dengan kondisi mental yang layak, sebuah mental yang dimiliki seorang pemenang. Karena hanya dengan mental trading yang layak, anda bisa tetap berpikir dengan tenang dan menjadi lebih profitable. Selamat tahun baru.

Advertisements

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hmm… keren πŸ˜€

  2. we are human… never resist any good or bad πŸ™‚

    just be yourself n get used w it πŸ˜‰

  3. huhuhuuhuhu…terharu banget membaca blog ini..:(( ajarin akyu menjadi pemenang,suhu ^:)^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: