Confidence and Ready to Action

January 25, 2009 at 12:30 am | Posted in My Post | Leave a comment

Trader seringkali menjadi overconfidence. Tetap memaksakan diri untuk masuk ke kondisi market yang belum dikenali dan akhirnya menderita karenanya. Siapa yang tidak mau memperoleh profit? Siapa yang tidak mau profit yang besar? Bagi kebanyakan trader, overconfidence merupakan refleksi dari “penyangkalan diri”. Seorang amatir sulit untuk menerima keterbatasan dirinya. Memang sulit berhadapan dengan kekalahan, dan cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan menutupinya dengan topeng arogansi, sebuah sifat percaya diri yang tidak realistis.

Overconfidence bisa menjadi hal yang berbahaya bagi seorang trader. Jika anda tidak memanage risiko dan keluar dari trading plan, anda mungkin akan mengeksekusi trade yang akhirnya menjadi bencana bagi anda. Memang benar adanya bahwa dalam mengambil keputusan untuk mengeksekusi sebuah trade anda harus memiliki kepercayaan diri. Tapi seorang profitable trader dapat menyeimbangkan dirinya di tengah overconfidence dan low confidence. Jika anda sudah membuat sebuah trading plan yang sangat baik, tapi tetap kurang percaya diri untuk menjalankannya, maka yang anda butuhkan adalah sebuah dorongan untuk memompa kepercayaan diri anda.

Beberapa trader memiliki masalah untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan dirinya. Mereka sudah melakukan semua tugasnya, termasuk memperhitungkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, tapi tetap saja kesulitan untuk mengeksekusi tradenya. Jika hal seperti ini terjadi pada anda, mungkin dibutuhkan perubahan yang cukup drastis untuk diri anda.

Jika anda sedang tidak percaya diri, cobalah untuk mengingat kembali keberhasilan-keberhasilan yang telah anda lakukan. Tidak harus dalam trading. Bisa saja keberhasilan dalam kehidupan sehari-hari anda. Atau kemenangan memperoleh profit terbesar yang pernah anda alami yang membuktikan bakat dan skill anda dalam trading. Apapun itu, akan sangat membantu sekali berpikir seperti itu ketika anda sedang down dan tidak percaya dri.

Mungkin akan membantu juga untuk berpura-pura bahwa anda sedang akan mengexecute sebuah trade yang akan memberikan anda kemenangan besar. Tapi anda harus menggunakan metode ini dengan hati-hati. Anda tidak boleh berpura-pura seperti ini jika trading plan dan risk management anda belum cukup baik. Tapi jika trading plan dan pengaturan risiko anda sudah baik, maka akan membantu sekali untuk berfantasi seperti ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

Fantasi seperti ini memang berguna untuk menyingkirkan kepercayaan diri yang rendah. Anda boleh saja berfantasi akan mendapatkan sebuah Ferrari atau hal lain yang sangat anda inginkan, untuk memompa kepercayaan diri anda dalam trading yang akan anda lakukan.

Jangan lupakan juga aktifitas fisik. Olahraga dapat mengaktifkan bagian-bagian otak yang berfungsi untuk menumbuhkan optimisme dan energi psikologis. Musik yang anda dengarkan ketika anda sedang melakukan trading juga bisa memberikan pengaruh yang signifikan. Sedikit bernyanyi dan bersenandung bisa memberikan anda rasa relaks, bersemangat dan ready to action.

Jadi, ketika anda sudah melakukan semua tugas anda sebagai trader tetapi tidak cukup memiliki kepercayaan diri untuk mengeksekusi trading anda, cobalah cara-cara tersebut. Mudah-mudahan mampu memberikan kepercayaan diri yang anda butuhkan untuk menjalankan trade yang sudah anda rencanakan. Selamat trading dan sukses beserta anda.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: