Big Trade, Big Moment

February 7, 2009 at 11:35 am | Posted in My Post | Leave a comment

Ketika market bergerak berlawanan dengan trading anda, dibutuhkan mental yang layak. Penting sekali untuk meminimalisir tekanan psikologis yang timbul, dan cara yang paling tepat untuk meminimalisirnya adalah dengan meminimalisir risiko yang berarti menggunakan persentase modal yang relatif kecil dan penentuan batas risiko yang jelas. Seorang trader seharusnya menjadi bijak dengan menganut prinsip take it slow and easy. Jangan merisikokan terlalu banyak dan tetap tenang.

Ada juga trader yang berprinsip; ketika market sedang dalam kondisi high volatility maka sebaiknya harus berani mengambil risiko yang lebih besar dari biasanya (big trade) karena tidak setiap hari market memberikan kesempatan emas. Tapi seperti yang kita ketahui, semakin besar uang yang kita pertaruhkan maka semakin besar pula tekanan yang ditimbulkan sehingga akan lebih sulit untuk tetap tenang. Dan ketika seorang trader tidak dalam kondisi yang tenang, hasilnya adalah panik dan akhirnya melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Jika anda termasuk trader yang berprinsip big trade seperti ini, ada baiknya untuk menetralisir emosi anda dan trading dengan mental yang lebih layak.

Ketika anda memutuskan untuk melakukan sebuah big trade, anda harus sudah siap dan merencanakannya terlebih dahulu. Idealnya, kondisi fisik dan lingkungan sekitar anda sudah mendukung anda untuk beraksi. Jangan meremehkan tidur dan makan yang cukup. Hindari kafein. Kafein memang bisa memberikan anda energi, tapi juga bisa mengganggu anda untuk berpikir jernih. Dibutuhkan energi yang besar tapi juga anda tetap bisa tenang dan relaks.

Dalam melakukan big trade, dibutuhkan momen terbaik yang anda miliki, sebuah peak performance moment. Dan biasanya momen seperti itu akan muncul ketika anda sudah memahami dan menerima keterbatasan-keterbatasan yang anda miliki. Jangan menaruh harapan anda di tempat yang tinggi dan anda tahu anda tidak bisa menjangkaunya. Jangan buat diri anda gagal karena harapan yang terlalu besar. Untuk trading dalam kondisi puncak seperti itu, anda harus cukup beristirahat, fokus dan memiliki energi ekstra yang dibutuhkan untuk mengkapitalisasi kesempatan yang ditawarkan oleh market.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: