Bosan Trading

February 22, 2009 at 8:40 pm | Posted in My Post | 1 Comment

Seorang trader sejati menikmati proses trading yang dijalaninya. Dia memiliki semangat untuk bisa menaklukkan market. Seorang teman saya pernah berkata: “Saya selalu menikmati reaksi pasar yang terjadi, entah itu naik atau turun. Rasanya menyenangkan sekali melihat grafik yang bergerak naik turun dan kita mencoba untuk mengikutinya. Saya tidak peduli bagaimana hasilnya nanti, apakah saya memperoleh profit atau justru malah loss. Profit atau loss adalah nomor sekian, tapi yang utama adalah saya menikmati proses trading itu sendiri”.

Ada banyak alasan kenapa kita trading, dan uang bukanlah satu-satunya alasan untuk trading. Seorang trader seharusnya menikmati proses dari trading, bukan hasil yang diperoleh dari trading. Tapi bagaimanapun juga, hasil selalu memiliki pengaruh terhadap kemampuan untuk menikmati proses itu sendiri. Dan ketika anda sedang terpuruk dan merasa hampir putus asa, akan membantu sekali untuk segera bangkit dan melanjutkan perjalanan trading anda.

Seorang peak performer memiliki semangat dan gairah atas apa yang dilakukannya. Entah itu dalam bidang bisnis, olahraga, seni dsb, seorang peak performer melakukan pekerjaannya bukan karena uang, ketenaran, prestasi atau apapun, tapi semata-mata karena dirinya memang senang untuk melakukan pekerjaannya. Tetapi sebagai manusia, adakalanya kita merasa jenuh dan bosan terhadap pekerjaan kita. Pernahkah anda memiliki sebuah hobi dan sangat menyenangkan sekali untuk menekuni hobi tersebut. Tapi seiring berjalannya waktu, lama kelamaan rasa exciting menguap begitu saja. Begitu juga halnya dengan trading, seorang trader pasti pernah mengalami bosan dengan aktivitas tradingnya.

Apa yang harus anda lakukan ketika anda seperti kehilangan antusiasme untuk trading? Penting sekali untuk menghidupkan kembali semangat untuk trading. Anda bisa saja melakukan kegiatan lain seperti misalnya menonton film yang bertema trading. Carilah kegiatan-kegiatan yang bisa mendatangkan inspirasi bagi anda.

Trading is tough business. Jika anda kehilangan semangat untuk trading, berarti anda adalah manusia. Jika anda merasa bosan untuk trading, akan sangat membantu sekali untuk mengingat keuntungan-keuntungan yang diperoleh dalam trading, seperti anda bekerja untuk diri anda sendiri (kecuali anda bekerja sebagai institutional trader), jam kerja yang tidak mengikat, dan keuntungan-keuntungan lain sebagai trader.

Memang sulit untuk bisa tetap sukses dari hari ke hari dalam trading. Beberapa trader seperti tidak pernah habis semangatnya untuk trading, tapi sebagian lagi bisa saja lupa bagaimana menyenangkannya “menari-nari” di tengah pergerakan market. Jika anda termasuk trader yang sedang kehilangan semangat, jangan hanya duduk di depan komputer dan terus merenungi betapa membosankannya hidup ini. Carilah suasana lain, lihat kehidupan lain di luar rumah. Semoga dengan begitu anda bisa ingat betapa enaknya bekerja sebagai seorang trader. Dan dengan demikian anda bisa mendapat semangat baru dan mendapatkan kembali inspirasi untuk bisa trading dengan sukses. Salam sukses.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. siiip, master… lagi rada bosen juga nih… padahal buat aku, trading is my passion… dulu, klo lagi hilang mood, obatnya gampang: buka streamster, cari swing, tarik fibo… πŸ˜€ dijamin segeerr… xixixix… sekarang kayaknya emang lagi perlu ganti pemandangan dulu nih… πŸ˜€ thanks inspirasinya… πŸ™‚


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: