Indahnya Pengaturan Risiko

March 15, 2009 at 1:19 pm | Posted in My Post | 5 Comments

Rasanya mustahil untuk bisa menghasilkan uang tanpa mengeluarkan uang di dalam trading. Anda harus merisikokan uang anda untuk mendapatkan uang. Tapi menghadapi risiko memang tidak mudah. Banyak sudah trader yang kehilangan modal dan takut untuk kembali mencoba trading. Kondisi seperti ini sangat masuk akal, tapi tidak mau mengambil risiko juga berarti anda tidak bisa mengambil keuntungan dari kesempatan yang ditawarkan oleh market.

Risiko adalah bagian dari kehidupan ini, termasuk dalam kehidupan sehari-hari. Kita bahkan mengambil risiko dalam kegiatan sehari-hari yang sekilas tampaknya biasa-biasa saja, misalnya mengendarai kendaraaan di jalan raya. Bahkan disaat kita mandi pun kita mengambil risiko, misalnya terpeleset di lantai kamar mandi yang licin. Akan lebih bijak jika kita mengambil langkah pencegahan (precautions/protections) untuk melindungi kepentingan kita. Ketika anda mengendarai mobil misalnya, akan lebih aman jika anda menggunakan sabuk pengaman atau mengendarai tidak terlalu ngebut. Dalam trading, penting sekali untuk melakukan tindakan pencegahan. Pergerakan adverse yang tiba-tiba bisa saja melawan posisi yang anda buka saat itu, dan jika anda tidak melakukan pencegahan, anda bisa saja menjadi sakit hati karenanya (modal di akun anda berkurang banyak atau justru habis sama sekali).

Tindakan pencegahan memiliki keuntungan psikologis juga. Dengan melakukan pencegahan terhadap risiko anda bisa mengurangi tekanan yang ada ketika trading. Jika anda tahu kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, anda bisa lebih mudah untuk menerimanya ketika kemungkinan terburuk itu benar-benar terjadi. Perasaan tertekan bisa menyebabkan seseorang melakukan kesalahan (eror), misalnya salah menginterpretasikan tren pasar. Dengan adanya proteksi, anda memiliki waktu dan kesempatan untuk bisa berpikir tenang dan jelas, dengan menganalisa semua kemungkinan yang ada dan kemudian mengambil langkah yang paling tepat. Manajemen risiko tidak hanya melindungi uang anda tapi juga memberikan ketenangan pikiran.

Risiko tidak bisa dihilangkan sama sekali, tapi bisa di manage. Jika anda mengatur risiko, anda bisa merasa lebih lega dan trading dengan mental yang layak. Ada banyak cara untuk mengatur risiko, tapi salah satu cara terbaik adalah dengan membuat sebuah trading plan yang sangat detil dimana anda bisa mengestimasi risiko yang bisa terjadi di masa depan. Misalnya seperti yang sudah sering saya tulis, semakin kecil uang yang anda pakai untuk trading semakin kecil pula risiko yang bisa terjadi.

Apapun pilihan anda dalam mengatur risiko, intinya adalah dengan pengaturan risiko maka didapat dua keuntungan yang pasti yaitu keuntungan finansial dan keuntungan psikologis. Keuntungan finansial berarti lebih sedikit uang yang mungkin hilang. Sedangkan secara psikologis anda akan merasa aman. Aman karena anda tahu jika kekalahan menimpa maka hanya sedikit uang yang hilang sehingga anda tetap bisa survive dan maju lagi mengambil kesempatan baru yang ditawarkan oleh market. Dengan tahu seperti itu anda akan merasa lebih relaks dan tenang. Dan ketahuilah, rasa relaks dan tenang bisa membuka pikiran anda terhadap berbagai kemungkinan yang ada. Anda dapat menilai pasar dengan lebih obyektif dibanding ketika anda sedang berada dalam tekanan. Buat mental anda selalu layak untuk trading, sehingga anda bisa melihat kesempatan yang ada dan akhirnya meraih profit.

Advertisements

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. memang betul,,resiko harus kita atur ,dengan mengatur resiko kita akan siap untuk trade selanjutnya apa bila kita terkena resiko itu.Jantung kita juga ngak mengalami tekanan,,,jadi mau jantung kita sehat,,ya aturlah resiko kita dlm bertrading,,hidup ini saja juga banyak resikonya,,kalo ngak mau kena resiko ya jangan hidup he he he…

  2. thanks commentnya pak

  3. Saia sangat setuju dengan statement masta Bentoet, jangan bermain2 dengan resiko tapi juga jangan penakut. Memanage resiko adalah tindakan yang mutlak untuk proteksi dan existensi trader. Syukur2 peluang2 baru bisa melipat2 resiko kecil jadi popit gede…. hidup mata Bentoet !

  4. untuk hal yang satu ini nggak ada yang bisa nyangkal, kalo masih mau survive lakukan hal yang satu ini..ya MM yang baik. Udah , jangan repot cari holly grail..buat sistem dan strategi yang simple dan kontrol dengan MM yang baik.

    suksess buat semua…

  5. emang indah menaiki tren dengan risk control.. itu bedanya judi sama morex…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: