Fighting Spirit

March 26, 2009 at 5:25 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Banyak trader yang meraih keuntungan di tengah kondisi market yang volatile. Apakah anda juga begitu? Dalam artian yang luas, diperlukan mindset yang benar untuk profit. Ketika market tiba-tiba berbalik arah, seorang winning trader mengantisipasinya dengan sigap. Kondisi seperti ini bisa saja membuat frustasi dan melelahkan, tapi juga menyenangkan.

Banyak trader yang memandang trading adalah sebuah permainan. Trading is fun. Trading memang menyenangkan ketika anda mengeksekusi sebuah trade dan akhirnya berakhir dengan keuntungan bagi anda. Tapi tidak selamanya trading menyenangkan, terutama ketika anda salah mengantisipasi pergerakan market selanjutnya. Penting sekali untuk menangani kekalahan, dan juga tahu bagaimana caranya untuk come back. Winning trader tidak mau menyesali kesalahan atau apa pun yang sudah terjadi. Mereka melihat ke depan dan selalu percaya diri untuk melakukan yang terbaik untuk mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Semakin anda mampu menerima kekalahan, maka akan semakin profitable trading anda, terutama dalam kondisi market yang volatile dimana bullish bisa berganti dengan cepatnya menjadi bearish dan juga sebaliknya.

Semua akan lebih mudah jika anda mau untuk menerima risiko dan merasa optimis ketika anda sedang berada di dalam permainan ini. Jika anda memiliki modal yang besar, misalnya, anda tidak akan takut untuk merisikokan uang anda jika anda tahu bahwa masih banyak sisa modal yang ada untuk melanjutkan trade selanjutnya. Ketika anda sedang terpuruk dan harus trading dengan agresif mungkin sulit rasanya untuk bisa mengumpulkan optimisme dan melanjutkan kembali perjalanan ini. Wajar sekali untuk merasa takut. Tapi mungkin bukan jumlah loss nya yang sebenarnya membuat kita sedih, tapi perasaan salah dan penyesalan yang membuat kekalahan tersebut lebih menyakitkan. Perasaan bersalah dan menyesal seperti itulah yang menjadi salah satu penyebab seorang trader buru-buru untuk meng close dan melanjutkan tradingnya dengan melakukan trading eror. Daripada anda terus terpuruk seperti itu dan melakukan kesalahan lebih jauh lagi, akan lebih baik untuk memandang kerugian dari sudut pandang yang lain.

Kekalahan akan terasa lebih sakit jika kita tidak terlebih dulu bersiap untuk menerimanya. Jika anda berharap naik, dan yang terjadi adalah sebaliknya, maka anda akan merasakan kekecewaan yang dalam. Tapi jika anda sudah siap terlebih dahulu dengan memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi, saya jamin anda akan lebih bisa menerima kekalahan tersebut dan rasa kecewa yang timbul lebih kecil. Trade lah dengan mengharapkan loss, mungkin itu adalah kalimat bijak yang bisa anda renungkan. Jika anda menerapkan kalimat tersebut dalam trading anda, bukan hanya mampu menerima kekalahan, tapi anda juga terbantu untuk meminimalisir loss. Dari sudut pandang mana anda melihat kekalahan juga membantu anda untuk bangkit dari sebuah kekalahan. Jika anda mencampurkan perasaan anda dengan uang yang anda trade kan, maka mudah sekali ego anda tersentuh. Tapi jika memperlakukan trade anda dengan cara “it just a business“, maka anda lebih mudah untuk melihat market dengan obyektif. Begitu juga terhadap kerugian. Jika anda memandang loss adalah cerminan dari ketidakmampuan anda, maka anda akan terpukul karenanya. Tapi jika anda memandang kerugian sebagai sebuah learning experience, dengan kata lain loss adalah cara untuk menumbuhkan dan membangun skill trading anda, anda akan welcome terhadap loss.

Merasa kalah adalah hal yang sangat manusiawi. Tapi tidak perlu untuk merasa kalah. Mungkin kekalahan membuat anda menjadi down, tapi anda tidak kalah jika anda tidak menyerah. Tegakkan terus fighting spirit anda dan jangan biarkan kekecewaan menutupi sisi baik yang anda miliki. Market selalu memberikan kesempatan kepada anda. Dan winning trader adalah trader yang mampu meninggalkan kekalahan dan terus melangkah ke depan untuk mengambil kesempatan itu. Salam sukses.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: