Mental yang Layak

April 5, 2009 at 4:05 pm | Posted in My Post | 1 Comment

Dalam kondisi perekonomian seperti sekarang ini, penting sekali untuk trading seperti layaknya profesional bukan sebagai seorang recreational gambler (baca tulisan saya mengenai recreational gambler). Minggu lalu Dow Jones mencatat kenaikan sebesar 500 poin, lalu apa yang akan terjadi minggu depan? Bagaimana pengaruhnya terhadap pasar mata uang? Entahlah, sepertinya perlu sekali untuk memiliki semacam intuisi untuk bisa trading dan meraih profit. Volatilitas yang ditunjukkan market berarti banyak kesempatan bagi kita, tapi diperlukan mental yang layak untuk mengubah kesempatan itu menjadi keuntungan.

Mental yang layak, begitulah saya menyebutkannya. Saya sendiri agak sulit untuk menggambarkan definisi dari mental yang layak. Tapi yang jelas, untuk bisa trading dengan sukses dibutuhkan mental yang layak tersebut, terlebih dalam kondisi market yang volatile. Lalu bagaimana untuk bisa membentuk mental yang layak dalam diri kita?

Pertama, manage your risk. Selalu siap untuk skenario terburuk yang bisa terjadi. Tidak ada yang pasti dalam trading, dan trader yang tidak mengatur risiko sangat mudah sekali untuk berakhir dengan kehancuran. Jangan pernah membuat kesalahan dengan membiarkan sikap over confidence atau bersikap mengikuti kehendak hati. Jika anda bertaruh terlalu banyak karena hati anda berkata “market pasti akan bergerak sesuai dengan prediksi saya”, maka anda akan hancur ketika market ternyata bergerak melawan prediksi. Ingatlah selalu bahwa adalah lebih mudah untuk kehilangan uang daripada mendapatkannya. Jadi daripada kehilangan uang hanya dalam sekali atau beberapa trade saja, lebih baik untuk selalu me-manage risiko.

Kedua, manage your ego. Setiap orang ingin merasa menjadi pemenang, tapi anda harus mau untuk menerima fakta bahwa profit yang anda raih adalah hasil dari kombinasi kerja keras dan keberuntungan. Ada faktor lain di luar diri anda yang ikut menentukan kesuksesan trade yang anda lakukan. Jika anda mencampurkan ego dalam trade yang anda lakukan maka anda akan merasa hebat ketika trade tersebut berakhir dengan kemenangan, tapi anda juga akan sangat kecewa ketika akhirnya adalah kekalahan. Sesungguhnya ketika anda menaruh ego dalam trading anda, anda telah memberikan tekanan kepada diri anda untuk menjadi sukses. Tekanan seperti ini akan mempermudah anda untuk melakukan kesalahan konyol seperti misalnya berlama-lama mem-floating kerugian karena anda tidak mau ego anda terluka (baca: tidak mau loss). Akan jauh lebih baik jika anda menyingkirkan ego sehingga tetap bisa berpikir dengan rasional dan obyektif. Memang perlu untuk memiliki semangat dalam trading, tapi tidak perlu kebesaran semangat sehingga membuat besar kepala.

Ketiga, manage your stress. Setiap pekerjaan pasti menimbulkan stress, bahkan mungkin dalam trading lebih mudah untuk menjadi stress. Stress dapat menyebabkan kelelahan psikologis dan tentunya lelah secara psikologis sangat tidak baik bagi trading anda. Aturlah stress dengan melakukan olahraga secara teratur, hindari makanan dan minuman yang bisa membuat syaraf-syaraf menjadi lebih sensitif misalnya kopi, dan istirahat yang cukup. Jika anda merasa stress, lebih baik untuk break sejenak atau meluangkan waktu untuk bersantai. Tidak perlu untuk mencoba melawan stress karena belum tentu efektif, tapi pasti akan menimbulkan kelelahan yang lebih besar.

Untuk menjadi seorang pemenang dibutuhkan mental yang layak. Dengan me-manage risiko, ego dan stress, maka anda telah memperbesar peluang untuk menjadikan kesempatan menjadi kemenangan bagi anda. Salam sukses.

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. alo bro, gw jg di lampung nihh, tepatnya di tj.senang. banyak rekan trader lampung?? ngumpul kapan2… biar lebih siipp…

    silakan add YM di email gw itu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: