Focus on the Process

April 26, 2009 at 12:13 am | Posted in My Post | Leave a comment

Mudah sekali untuk menjadi bimbang dalam trading. Dan tiba-tiba anda menjadi panik kemudian melakukan eror. Ketika anda trading dengan kondisi pikiran yang optimal berarti anda layaknya seorang pemenang yang hanya berpikir tentang apa yang terjadi sekarang, right here right now. Aturan terbaik yang bisa di ikuti oleh seorang trader adalah focus on the action, bukan hadiah atau uang. Banyak orang yang tertarik untuk trading karena uang. Uang memang sangat berarti dalam kehidupan ini. Status sosial bahkan harga diri bisa diraih dengan adanya uang.

Uang bisa menjadi motivator dalam trading, tapi ironisnya, jika anda hanya berpikir tentang uang maka anda tidak bisa trading dengan skill yang optimal. Ketika ekspektasi membumbung tinggi maka akan lebih sulit untuk fokus pada pekerjaan yang sedang dilakukan. Ketika anda hanya ingin mendapatkan uang, kekalahan bukan lagi menjadi sebuah kemungkinan. Satu-satunya kemungkinan hanyalah kemenangan, dan ketika anda bekerja dengan asumsi yang seperti itu, biasanya akan lebih mudah untuk menjadi puas dengan poin yang sudah dihasilkan dan akhirnya melakukan kesalahan; lebih banyak loss daripada profit. Penting sekali untuk belajar tetap fokus pada apa yang sedang anda lakukan, bukan fokus pada hasil.

Takut dan cemas datang ketika kita memikirkan atau mempertimbangkan apa yang sudah pernah terjadi atau apa yang akan terjadi. Jika kita fokus hanya pada apa yang terjadi sekarang, maka kita akan lebih enjoy pada apa yang terjadi saat itu juga. Tepat ketika kita khawatir pada apa yang akan terjadi, pada saat itu juga fokus kita teralihkan dari apa yang sedang kita kerjakan dan akhirnya kehilangan sama sekali konsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan. Penyebab terbesar dari kehilangan konsentrasi adalah memikirkan hasil akhir dari proses trading. Jangan pernah memikirkan imbalan yang didapat dari trading. Lagipula tidak ada hal produktif yang didapat dengan membayangkan kemenangan, justru anda akan lebih tertekan karena biasanya yang terjadi adalah “perasaan harus menang” yang berarti pula “tidak mau loss”. Semakin anda fokus pada tantangan intelektual yang ada pada trading, maka semakin mudah anda mengeksekusi dan trading dengan profitable dan konsisten.

Memang benar, membayangkan kemenangan adalah menyenangkan. Tapi jangan anda melakukannya ketika anda sedang dalam proses trading. Mungkin akan menjadi motivasi jika anda memikirkan kemungkinan uang yang didapat. Tapi ada perbedaan antara “harus mendapatkan uang” dengan “it would be nice to have the money“. Jika anda hanya bisa termotivasi dengan adanya kemungkinan mendapatkan uang, coba tanyakan lagi kepada diri anda apa yang anda inginkan sebenarnya dari trading. Percayalah, trader yang hanya termotivasi secara dangkal hanya oleh uang tidak akan bertahan lama dalam trading. Pada akhirnya anda harus trading karena cinta terhadap kerja keras yang harus dilakukan dalam trading itu sendiri. Trading memiliki hadiah tersendiri, entah itu menang atau kalah. Dan jika anda bisa untuk fokus pada apa yang sedang anda kerjakan sekarang, anda akan lebih merasa sebagai seorang trader, anda akan trading dengan effortless, dan anda akan trading dengan profitable. Semoga menginspirasi, salam.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: