Get Up!

August 9, 2009 at 9:06 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Pernahkah anda merasa putus asa dalam trading? Kekalahan demi kekalahan menjadi menu utama dalam trading anda. Apapun yang anda lakukan menjadi salah pada akhirnya. Dalam kondisi seperti itu wajar sekali untuk merasa down dan putus asa. Tidak usah malu-malu untuk mengakuinya. Saya rasa hampir setiap trader pernah mengalami masa-masa seperti itu. Bahkan ada yang berpendapat, jika seorang trader tidak pernah mengalami pahitnya keterpurukan berarti dia bukanlah seorang trader sejati.

Trader bukanlah sebuah profesi yang mudah. Keberhasilan dan kegagalan hampir tidak ada bedanya. Semua bisa terjadi dan sayangnya, terkadang anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengubahnya.

Semua trader menginginkan berada dalam kondisi peak performance. Semua dilakukan dengan mudah. Melakukan entry dengan timing yang tepat, exit pada saat profit berada di puncak dan akhirnya keuntungan diraih dan dibawa pulang. Tentu saja sulit untuk bisa berada di kondisi seperti itu, terlebih jika justru kegagalan demi kegagalan yang dijumpai. Seperti yang sudah saya sering tulis di postingan-postingan saya sebelumnya, terkadang kita memang perlu untuk menyingkir dan keluar dari segala macam urusan trading. Menjadwalkan hari libur (trading off) tidak akan membuat anda kehilangan uang. Bebaskan diri anda dari tekanan yang mendera dan bangun kembali mental dan mindset yang layak untuk trading di hari selanjutnya.

Jika anda sekarang merasa stres dan sulit untuk mencapai peak performance ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencapai kembali peak performance anda.

Pertama adalah review kembali trading goal anda. Jika anda sedang dalam kondisi terpuruk, akan sangat berbahaya jika anda melakukan big trade. Cobalah dengan membuat beberapa small trade dan jangan berharap terlalu banyak. Anda akan menjadi terpuruk jika memiliki harapan yang besar dan tentu saja melibatkan uang yang besar pula. Rendahkan standar anda dan janganlah membuat tujuan anda menjadi sesuatu yang sulit atau bahkan mustahil. Dengan merendahkan standar/tujuan anda, berarti anda memperbesar kemungkinan untuk mencapai keberhasilan, dan ketika anda merasa berhasil, maka anda akan merasa lebih baik.

Kedua, ingat kembali masa-masa indah anda. Kenanglah pencapaian-pencapaian terbaik yang pernah anda lakukan dalam trading. Ketika anda merasa terpuruk dan putus asa, anda akan berpikir bahwa anda adalah seorang trader yang buruk. Bahkan untuk sekedar membayangkan meraih profit pun anda sudah tidak mampu. Pikiran seperti ini bisa mempermainkan otak anda ke arah negatif dan pesimisme. Kenanglah kembali peristiwa-peristiwa bahagia dalam trading anda. Dengan mengenang seperti ini, akan membantu anda untuk mengenyahkan pikiran-pikiran negatif yang bisa merusak diri dan akun anda.

Ketiga, katakan kepada diri anda perkataan-perkataan yang menyemangati/memotivasi. Misalnya dengan berkata di depan cermin bahwa anda adalah seorang trader yang berbakat. Katakan bahwa anda bisa untuk menang. Dengan melakukan sugesti kepada diri anda, anda akan terbantu untuk menumbuhkan optimisme dalam diri anda.

Mungkin akan menjadi naif jika anda berpikir positif dengan bisa melakukan keajaiban, tapi dengan memiliki pikiran yang positif anda akan kembali ke jalur yang benar dan anda bisa untuk maju lagi ke depan melanjutkan perjalanan anda. Jika anda sekarang sedang terpuruk, bawa diri anda keluar dan jangan biarkan keterpurukan itu menghalangi anda untuk melangkah ke depan. Dengan melakukan ketiga hal tersebut di atas anda dapat bangkit dan memperoleh kembali kepercayaan diri yang anda butuhkan untuk trading profitable. Salam sukses.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: