Ketidakpastian dan Trading Plan

September 13, 2009 at 10:46 am | Posted in My Post | 4 Comments

Akan sulit bagi anda untuk trading jika tidak bisa menerima risiko dan ketidakpastian. Anda tidak akan selalu benar dan tidak akan selalu profit. Hal itu adalah fakta dan tidak bisa dibantah. Jangan buat diri anda kehilangan harapan ketika trading yang anda lakukan tidak mencapai apa yang diharapkan. Ada waktunya anda harus menerima apapun hasilnya daripada merenungi kegagalan. Winning trader menerima ketidakpastian, risiko dan kemungkinan untuk loss. Tapi dengan mau untuk menerima hal-hal tersebut, mereka menemukan cara untuk meraih profit.

Sebagai manusia, kita tidak menyukai ketidakpastian. Dalam trading, kita selalu ingin memiliki pendapat tentang pergerakan market selanjutnya dimana pendapat tersebut adalah sebuah trik untuk mengeliminasi ketidakpastian. Ketika sedang berhadapan dengan ketidakpastian, sangat menggoda sekali untuk percaya bahwa kita bisa mengendalikan segalanya sesuai dengan kehendak kita. Dengan merasa in control seperti itu, kita merasa lebih powerful dari yang sebenarnya. Beberapa orang merasa lebih berkuasa jika memiliki prediksi tentang pergerakan pasar. Mereka membaca market dengan persepsi mereka dan secara tidak sadar menutup pikiran mereka terhadap kemungkinan-kemungkinan yang lain. Penting sekali untuk tetap terbuka dan fleksibel dalam hal membaca market.

Dalam menghadapi sebuah ketidakpastian, memiliki sebuah rencana (planning) akan menjadi sangat berguna. Planning akan membuat anda memiliki jalan dalam mencapai tujuan. Planning dapat mencegah anda menjadi bias dan kehilangan arah. Tentukan trading goal dan buat rencana-rencana yang bisa merealisasikan trading goal tersebut. Bayangkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi dan buat jalan untuk menghadapinya. Jika semuanya sudah disusun dan direncanakan dengan jelas dan spesifik maka berarti anda sudah tahu apa yang harus dilakukan dan kapan. Seperti halnya berjalan dalam gelap dengan memegang sebuah obor. Trading plan itulah yang menjadi obor di dalam kegelapan (ketidakpastian).

Kita tidak dapat mengontrol segalanya, dan dalam trading, adalah jalan terbaik untuk mengontrol apa yang bisa kita kontrol. Kita dapat membuat trading plan dan mengikutinya. Kita dapat mengatur risiko sehingga menjamin kita untuk bisa trading di kemudian hari. Kita juga bisa mengantisipasi pergerakan berbalik yang tiba-tiba di dalam market tapi kita tidak bisa membuat market berbalik sesuai dengan keinginan kita. Adalah bijak jika anda menerima ketidakpastian. Tidak perlu merasa powerless. Tapi sebaliknya, kuasai apa yang bisa anda kuasai, terima apa yang diluar kemampuan anda, dengan begitu anda akan trading dengan tenang, skillfull dan profitable. Semoga menginspirasi.

Advertisements

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Selalu menginspirasi om tulisan om bentoet 🙂
    Ho’oh, klo obornya gak ada ya nabrak2 atuh jalannya 😀

  2. hehe…wah baca blognya om ben enak juga…:)…di dunia ini ada beberapa jenis probabilitas. Probabilitas yang bersifat pasti, probabilitas yang bersifat menengah 50% / 50% , ada pula yang 30% / 70 % dll. Sbg contoh seseorang suatu saat akan mati, hal ini adalah sebuah kepastian, bila dibandingkan seseorang terkena penyakit kanker, karena tidak semua orang terkena. Ada tapi tidak semua, dan tidak pasti. Kemungkinan ( probabilitas ) terkena kanker dapat ditambah dengan aturan makan yang tidak sehat dll, seperti halnya dalam trading. Semula saya berpikir bahwa probabilitas itu tidak dapat ditambah namun ternyata dapat ditambah nilainya sehingga komposisi probabilitas menjadi 60/40 , 60% sukses , 40% gagal ( dlm jumlah kesuksesan ).:)

  3. Wah ini to blognya om bentoet.. KEren bang… Numpang baca buat memperkaya ilmu….
    Semangat semangat!

  4. Mantabh gan… keep writing !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: