Kerendahan Hati

November 1, 2009 at 12:30 pm | Posted in My Post | Leave a comment

Sering sekali saya menjumpai trader yang menyabotase dirinya dengan usaha-usaha yang dilakukan karena mereka dikuasai “sindrom rendah diri”. Jauh di dalam diri mereka, mereka merasa tak berarti, lemah dan tidak yakin akan tujuan hidupnya. Bagi mereka, trading hanyalah sebuah cara untuk membuktikan bahwa mereka memiliki personal worth. Mereka merasa semakin banyak uang yang dimiliki, semakin berharga pula dirinya. Tapi trading tidak berjalan seperti itu. Trader yang mencari kemenangan dan kekayaan kebanyakan akan gagal. Dan trader yang rendah hati akan menang pada akhirnya.

Di dalam dunia yang modern dan penuh persaingan ini, ada sebuah obsesi untuk memenangkan sebuah zero sum game. Hanya ada satu pemenang dan jika anda tidak menang, berarti anda adalah pecundang. Yang menang adalah yang berhasil, bukan begitu?

Ada saatnya kita tidak bisa mengontrol segalanya.  Kita bisa merencanakan segala sesuatunya tetapi rencana-rencana itu tidak bisa mencegah datangnya kejadian yang bisa mematahkan rencana-rencana kita tersebut. Pada akhirnya, apa yang bisa anda lakukan adalah mencoba melakukan yang terbaik dan menerima apapun hasilnya.

Mengapa kebanyakan orang terjun ke dunia trading? Karena uang bukan? Tapi tidak semua orang tertarik dengan uang. Saya teringat kepada seorang teman, beliau berkata kepada saya: “Bagi saya, trading bukan masalah angka atau jumlah yang saya dapatkan. Ini adalah masalah spiritual, masalah kepuasan batin. Begitulah seharusnya sikap seorang trader. Memang dalam prakteknya seringkali sikap ini turun level menjadi nomor dua setelah uang, tapi seorang trader sejati harus menaikkannya kembali ke tingkat yang seharusnya.”

Apakah rahasia kesuksesan? Pertama, kerendahan hati untuk menyadari bahwa tidak ada kepastian. Kedua, belajar untuk menerima kenyataan bahwa sekeras apapun usaha anda, anda tidak akan bisa mengontrol market. Hal ini bukan berarti anda tidak perlu untuk membuat persiapan dan berusaha untuk memperbesar kemungkinan sukses, tapi perlu sekali untuk menerima kenyataan bahwa anda tidak memiliki kekuatan untuk mengontrol market dan kerendahan hati seperti itu sangat berguna dalam trading. Percayalah.

Advertisements

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: