Trader Personality Part I

November 22, 2009 at 10:16 pm | Posted in My Post | 1 Comment

Apakah kepribadian seseorang mempengaruhi profitabilitas tradingnya? Sudah banyak sekali opini dan diskusi yang membahas masalah pengaruh kepribadian terhadap kemampuan menjadi seorang profitable trader. Tapi memang tidak ada jawaban mutlak yang bisa menjelaskan kejadian demi kejadian yang ada. Selalu saja ada pengecualian-pengecualian untuk kasus-kasus tertentu.

Seseorang yang cenderung pemalu misalnya, memiliki kesulitan untuk berbicara di depan umum atau ketika mengajak seseorang yang disukainya untuk berkencan. Anda tidak membutuhkan studi ilmiah lagi untuk membuktikan fakta tersebut. Tapi tetap saja, ini semua tidak bersifat mutlak. Misalnya, jika anda adalah seorang manajer personalia di sebuah mall, tentu saja anda tidak akan mengambil keputusan untuk menempatkan seorang karyawan yang pemalu ke bagian penjualan yang bertugas untuk melayani para pembeli. Penjelasan logisnya adalah karena seseorang yang berkepribadian pemalu memiliki kesulitan dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Meskipun penjelasan ini sangat logis sekali, tetap saja ada pengecualian-pengecualian yang harus dipertimbangkan. Beberapa orang mungkin tidak suka untuk berinteraksi dengan orang lain, tapi mereka memiliki kemampuan untuk belajar, mereka bisa saja belajar dan akhirnya mampu untuk menjual barang.

Lain lagi ceritanya jika barang yang dijual adalah jenis barang yang rumit, misalnya barang elektronik. Dalam menjual barang elektronik mungkin lebih baik untuk memilih karyawan yang pemalu. Karena seorang pemalu memiliki sifat serius yang lebih jika dibandingkan dengan seorang yang supel atau sociable. Seorang yang supel biasanya kurang serius dan juga kurang disiplin, sangat tidak ideal jika diposisikan sebagai salesman barang-barang yang kompleks, seperti misalnya tadi: elektronik.

Hubungan antara kepribadian dan pekerjaan mungkin tidak bersifat langsung (direct). Dan dalam trading, tidak perlu untuk mencari ataupun berangan-angan memiliki karakter tertentu yang bisa dijadikan “kepribadian ideal” seorang trader. Tapi akan jauh lebih baik jika seorang trader mengidentifikasi elemen apa saja yang ada dalam kepribadian dirinya dan membuat sebuah trading plan yang sesuai dan bisa bekerja dengan kepribadiannya tersebut. Bersambung

Advertisements

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hmm… I like it… Lanjooottttt…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: