Trader Personality Part II

December 5, 2009 at 9:05 pm | Posted in My Post | 2 Comments

Meskipun memungkinkan untuk bekerja dengan apa adanya kepribadian anda, tetapi bukanlah sebuah ide yang bagus untuk tidak mempedulikan masalah “ideal personality of a trader”. Ideal personality adalah kombinasi dari pengalaman, skill, pengetahuan, disiplin dan intuisi. Masalahnya adalah terkadang kepribadian seperti itu hanya ada dalam mimpi saja, sangat sedikit atau bahkan mustahil untuk selalu menjadi ideal. Dan yang perlu diketahui, seorang trader yang tidak mudah untuk menghadapi tekanan, emosional berlebihan, defensif dan tidak mampu mempertanggungjawabkan keputusan yang sudah diambil adalah tipe orang yang akan kesulitan dalam trading. Jika ada orang yang bertipe seperti ini, mungkin sekali dirinya “berisiko tinggi” untuk menghancurkan akun tradingnya. Keidealan adalah sebuah hal yang perlu diperhatikan, tetapi bukan berarti anda perlu merasa ”kurang” dengan keterbatasan personality anda.

Kemampuan menghadapi tekanan dan mengontrol emosi bukanlah satu-satunya syarat menjadi trader yang sukses. Seorang profitable trader harus memiliki trading plan yang jelas dan detil, dan itu berarti memiliki aturan dan mengikutinya. Jika anda adalah termasuk orang yang kesulitan untuk follow the rules, sudah bisa dipastikan, anda akan kesulitan untuk stick to trading plan anda.

Bagaimana anda dalam menghadapi risiko? Banyak orang kesulitan dalam mengambil risiko. Mereka lebih suka untuk “cari aman” dan kepastian. Dalam trading ada sisi intuisi dan sisi ini tidak kalah pentingnya. Market hanya selaras dengan plan anda ketika dia sedang selaras, ketika tidak sedang selaras berarti market sedang tidak selaras, disinilah pentingnya intuisi. Akan ada banyak sekali input yang masuk dan terkadang intuisi menggabungkan itu semua dalam sebuah tindakan yang paling rasional.

Mungkin tidak ada trader yang memiliki ideal personality di dunia ini. Yang terbaik adalah, hendaknya kita selalu memiliki harapan untuk menjadi ideal. Dan jangan lupa untuk mengenali kepribadian anda, sehingga anda dapat mengubah dan menyesuaikan, dan akhirnya membuat kepribadian anda mendekati ideal. Berguna sekali untuk menghargai karakteristik apa yang berlaku dalam trading anda, dan juga karakteristik apa yang tidak atau belum berlaku. Setelah anda mampu mengidentifikasi keterbatasan apa yang ada dalam diri anda, anda dapat membangun diri anda jauh lagi ke depan. Lihat diri anda dengan jujur, kenali masalah apa yang berpotensi muncul dan bangun strategi yang bisa membuat anda mampu untuk trading dengan lebih layak. Salam sukses.

Advertisements

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Klo yang pernah saya baca dari buku personality plus, bisa dibilang type kepribadian yang cocok untuk seorang trader adalah melankolis. Soalnya type kepribadian ini punya ciri antara lain: attention to detail tinggi, cenderung jenius [:p] serta menyukai angka dan diagram. Ngg… kayaknya cocoklah buat bekal dasar jadi trader… Paling ndak, klo emang dasarnya udah seneng liat angka ama diagram, berarti ndak akan keberatan buat lototin chart ato utak-atik indikator kan? ;)) Iya ndak, master? 😀

  2. siip
    thanks comment nya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: